Semangat Upacara Sumpah Pemuda, Meski Masa Pandemi Covid-19

Tanjung, KP – Bersatu dan Bangkit demikian tema yang diusung dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang diselenggarakan belum lama tadi di Halaman Pendopo Bersinar, Kelurahan Pambataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Tema tersebut menggambarkan makna pentingnya kebersamaan para pemuda agar tetap bisa Produktif dan aman disaat Pandemi Covid-19.

Perjuangan para pemuda dalam mendapat kemerdekaan sangat besar. Kala itu, pemuda dan pemudi tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran moral, bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia.

Sumpah Pemuda yang diperingati pada 28 Oktober 2020, tampak sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab pada awal tahun 2020 ini Indonesia telah dihadapi dengan situasi pandemi covid-19 yang hingga saat ini belum usai.

Meski demikian, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, meyakini bahwa Upacara Sumpah Pemuda dapat berjalan penuh semangat dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa yang kita cintai yaitu Hari Sumpah Pemuda, kita semua berhutang budi kepada Tokoh pemuda tahun 1928 yang telah memperjuangkan kemerdekan dari Bangsa penjajah yang tidak berperikemanusiaan,” terang Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani dalam sambutannya.

Usai menggelar Hari Sumpah Pemuda, kemudian dilanjutkan dengan Gowes bersama / fun bike dengan rute Stars di Halaman Pendopo dan di  Finish di Makodim 1008 /Tanjung.

Berita Lainnya

IPM Meningkat, Hasil Perjuangan Guru

1 dari 197

Momen gowes pada peringatan Hari Sumpah Pemuda dapat menjadi momen untuk menjadikan kegiatan ini sebagai kesempatan untuk menerapkan nilai nilai kekeluargaan dan meningkatkan sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong.

Tidak lupa, kegiatan bersepeda pun tetap mengedepankan protokol kesehatan 3 M, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Masih terkait pencegahan Covid-19 di Kabupaten Tabalong dalam libur panjang yang di berlakukan oleh Pemerintah dimanfaatkan oleh banyak orang untuk  berbelanja ataupun sekedar jalan-jalan. Dan, untuk memastikan situasi tetap kondusif Tim Penegak Disiplin Protokol Kesehatan Kecamatan Murung Pudak melaksanakan patroli bersama.

Tim Penegak Disiplin Protokol Kesehatan yang terdiri dari Tiga Pilar Kecamatan Murung Pudak, Personil Polres Tabalong, Personil Kompi senapan A Yonif 621/Manuntung dan anggota Satpol PP sambangi Pasar Mabuun, pada hari Sabtu (31/10).

Pada momen libur panjang jumlah pengunjung di Pasar Mabuun mengalami kenaikan, oleh karena itu penting sekali diimbangi dengan peningkatkan Pendisipilnan Penerapan Protokol Kesehatan guna mencegah penularan virus covid-19.

Dalam pelaksanaannya, petugas mengajak pedagang maupun pengunjung pasar agar mematuhi protokol kesehatan.

“Selalu terapkan 3M + 1T, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun,” ucap Babinsa Koramil 04 Tanta Kodim 1008/Tanjung.

Kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat ini bertujuan untuk memutus penularan Covid-19 antara pedagang dan pembeli serta memberikan penekanan masyarakat agar selalu menjalankan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran virus.

Sementara itu Petugas Gabungan Kecamatan Murung Pudak mengungkapkan kegiatan ini juga untuk menciptakan situasi yang aman dan nyaman terhadap warga yang ingin menikmati akhir pekan di Pasar Mabuun. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya