Siharat Polres Banjarbaru Berevolusi Menjadi Cangkal

Banjarbaru,KP- Sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh Polres Banjarbaru untuk masyarakat terus menerus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Inovasi Pelayanan yang hadir melalui tekhnologi dulu bernama SIHARAT (Siap Hadapi Beragam Kejahatan) kini berievolusi nama menjadi CANGKAL (Cegah Kejahatan dan Gangguan Kamtibmas Lainnya).

Nama “CANGKAL” sendiri berasal dari bahasa daerah Banjar yang artinya Rajin atau Gigih dan merupakan sebuah inovasi IT dan Non IT yg dikolaborasikan dimana kepanjangan dari Upaya Pencegahan Kejahatan dan Gangguan Kamtibmas lebih dikedepankan salah satunya melalui inovasi Non IT Sat Sabhara yang membentuk Unit Patroli Reaksi Cepat yang rutin beroperasi malam hari di jam rawan serta hadir di pagi hari dengan Patroli Bersepedanya serta Unit Patroli yang memang mobile di jalanan selama 1 x 24 jam untuk menjaga kamtibmas di Kota Banjarbaru.

“Untuk fitur dalam aplikasi ini masih serupa dan proses pengembangan untuk lebih sempurna terus dilakukan dimana beragam pelayanan bisa dilakukan melalui online seperti pembuatan SIM, SKCK dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), Saber pungli, CCTV Banjarbaru, Sistim informasi anggaran Polres Banjarbaru ada juga Panic Button untuk melaporkan tindak kejahatan, kebakaran hingga kemacetan dan kecelakaan lalu lintas” Jelas Kapoles Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso

Berita Lainnya
1 dari 424

Kapolres menjelaskan aplikasi tersebut dapat digunakan masyarakat dengan mudah, selain beragam pelayanan bisa dilakukan melalui online seperti pembuatan SIM, SKCK dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), Saber pungli, CCTV Banjarbaru, Sistim informasi anggaran Polres Banjarbaru ada juga fitur unggulan seperti Panic Button untuk melaporkan tindak kejahatan, kebakaran hingga kemacetan, kecelakaan lalu lintas.

Ada satu fitur tambahan yaitu Pengaduan Propam jika masyarakat menemukan perilaku menyimpang anggota polri khususnya di Polres Banjarbaru dengan syarat dapat dipertanggungjawabkan tentunya.

“Selain pelayanan peran serta masyarakat juga kami harapkan disini untuk menjaga kamtibmas misalkan informasi terkait tindak pidana yang diketahui dimana kerahasiaan pelapor terjamin”, tegasnya.

“Saya bersama seluruh personil Polres Banjarbaru berkomitmen akan terus mengembangkan aplikasi CANGKAL ini untuk kepentingan masyarakat dan optimis masyarakat akan lebih mudah dalam mendapatkan Pelayanan Kepolisian khususnya di Polres Banjarbaru melalui fitur yang tersedia ,” kata AKBP Doni Hadi Santoso, Minggu (1/9).

“Masyarakat butuh kehadiran polisi maka anggota polisi terdekat akan datang membantu, Untuk itu bagi kalian yang belum memiliki aplikasi ini bisa diunduh segera di Google Play Store,” silahkan kami terbuka dengan saran dan masukan dari masyarakat untuk kami agar jadi lebih baik”, tutup Akpol lulusan Tahun 2001 ini. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya