Sikapi Keluhan Warga, Pasukan Turbo Terjun Bersihkan Drainase Gang Bandaneira

Banjarmasin, KP – Sejumlah petugas pasukan turbo Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin terlihat membersihkan sampah dan tumbuhan liar yang menumpuk di saluran drainase Gang Bandaneira Ujung, Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Sabtu (14/11) pagi.

Kepala Bidang (Kabid) Sungai, Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Hizbul Wathoni mengatakan, aksi bersih-bersih tersebut mereka lakukan guna menyikapi keluhan warga sekitar, yang sering mengeluhkan genangan air setiap terjadi hujan.

“Pasukan turbo diturunkan karena ada warga yang mengeluh di lingkungan mereka sering tergenang air,” ucapnya pada Kalimantan Post melalui pesan singkat.

Selain, membersihkan saluran air, Pasukan Turbo juga terlihat membersihkan lahan kosong di daerah tersebut dari tumbuhan liar yang sudah merimbun.

Menurutnya, pembersihan tumbuhan liar itu dilakukan agar bisa dijadikan sebagai area resapan air. Sehingga air yang biasanya menggenang di jalanan bisa dilarikan ke lahan kosong tersebut.

“Termasuk juga pasukan turbo yang kami turunkan membersihkan lahan kosong, yang bisa menjadi area resapan air,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.829

Pria dengan sapaan Thoni itu berharap, agar warga sekitar bisa membuat kegiatan kebersihan yang rutin dilaksanakan, baik secara mingguan maupun bulanan agar permasalahan genangan air yang menjadi keluhan warga bisa teratasi.

“Seandainya warga sekitar mau rutin bergotong-royong membersihkan drainase yang ada, insyaa Allah masalah genangan juga akan berkurang,” tukasnya.

Selain itu, Thoni juga menghimbau, bagi warga sekitar terutama yang bangunan rumahnya masuk ke area sungai agar memiliki kesadaran sendiri untuk bisa menjaga dan memelihara keberadaan sungai yang ada.

“Lebih bagus lagi kalau mereka mau membongkar bangunannya yang memakan area sungai, hal itu akan menjadikan kondisi sungai menjadi lebih baik,” ujarnya.

Pasalnya, bagi pria yang dikenal dekat dengan awak media itu, keberadaan sungai yang baik akan berdampak juga pada kualitas lingkungan dan juga kesehatan warga sekitar khususnya.

“Keberadaan sungai yg baik ini harusnya kita wariskan ke generasi yg akan datang, karena sebenarnya generasi kita sekarang sedang berhutang bagaimana memberikan keteladanan yg baik untuk generasi akan datang,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala UPTD Pemeliharaan Sungai dan Drainase Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Agus Trisno mengatakan pihaknya telah membuat saluran air tambahan.

“Iya tadi Kami juga sudah membuat saluran air yang baru, sehingga air bisa cepat mengalir dan harapannya permasalahan genangan air bisa tertangani,” ujarnya singkat.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya