Tilep Dana PNPM-MP Marniyati Dituntut 22 Bulan Penjara

Banjarmasin, KP – Marniyati didakwa menilep uang setoran pada unit kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP). Ia yang selalu ketua kelompok ini pun dituntut 22 bulan penjara.

Tuntutan ini disampaikan JPU Iwan Budi Susilo, pada sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Banjarmasin, Selasa (17/11/2020) di hadapan majelis hakim yang dipimpin Daru Swastika.

Selain itu terdakwa juga dibebani membayar denda Rp50 juta subsidair tiga bulan penjara bulan. Jika tidak bisa membayar uang pengganti sebesar Rp206.300.000, dalam tempo sebulan maka kurungan bertambah tiga bulan.

JPU berkeyakinan kalau terdakwa melanggar pasal 3 jo pasal 18 UURI No 31 Tahun 1999 tentang Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI No 31 tahun 1999 tentang Tipikor, seperti dakwaan subsidairnya.

Berita Lainnya

Upah Kurir Shabu untuk Modal Nikah

1 dari 1.012

Terdakwa Marniyati Warga desa Teluk Haur ini seperti diketahui dalam dakwaan JPU, memperkaya diri sendiri atau orang lain dengan tdak menytor keuangan yang diterimanya kepada SPP PNPM-PM

Perbuatan terdakwa terjadi sekitar 2015-2016, dana yang tidak disetor yang mencapai ratusan juta rupiah.

Di mana berdasarkan hasil rapat anggota kelompok mawar terdakwa ditunjuk langsung oleh anggota sebagai ketua kelompok mawar berdasarkan kesepakatan bersama antara masing-masing anggota kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP).

Terdakwa sebagai penerima pembayaran kegiatan SPP PNPM-PM dari 5 kelompok untuk kemudian disetorkan kepada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin.

Bahwa dari jumlah angsuran yang diterima terdakwa dari anggota kelompok SPP sejumlah Rp452.750.000, namun yang disetorkan oleh terdakwa kepada UPK hanya Rp246.450.000. Atau terdapat selisih yang menimbulkan kerugian negara cq keuangan Desa Teluk Haur Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin sebesar Rp206.300.000. (hid/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya