21.175 Warga Tala Menjadi Penerima BPUM

Pelaihari, KP – Sebanyak 21.175 masyarakat Kabupaten Tanah Laut (Tala) saat ini terverifikasi sebagai penerima Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM), hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tala Drs. H Syahrian Nurdin usai kegiatan penyerahan secara simbolis BPUM Kecamatan Pelaihari dan Bajuin di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Rabu (23/12/2020).

Lebih lanjut Syahrian Nurdin menjelaskan pada tahap pertama Diskopdag Tala mengusulkan sebanyak 13 ribu orang penerima dan yang diverifikasi sebanyak 10.611 orang dan pada tahap kedua diajukan sebanyak 18 ribu penerima dan yang diverifikasi sebanyak 10.564 orang.

“Yang sudah terverifikasi sebanyak 21.175 dan kaalu dinominalkan menjadi Rp 50,8 miliar, hari ini kita lakukan pendistribusian BPUM untuk dua kecamatan yaitu Pelaihari dan Bajuin,”ujarnya.

Ia menegaskan bahwa kegiatan tersebut tetap menjalankan protokol kesehatan dan terbagi menjadi dua shift, yaitu shift pertama dari jam 08.00 sampai 12.00 Wita untuk warga Kecamatan Pelaihari dan dari jam 13.00 Wita untuk warga Kecamatan Bajuin.

“Bisa disaksikan sendiri antriannya tidak terlalu banyak karena kita berlakukan shift, kita juga dibantu oleh TNI, Polri dan Satpol PP dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat,”tandasnya.

Kepala Diskopdag Tala pun menambahkan bahwa sudah setengah lebih dari jumlah total masyarakat yang terverifikasi telah menerima BPUM, Syahrian pun berharap agar BPUM dapat digunakan sebaik-baiknya dalam penambahan modal bukan untuk hal lain yang bersifat konsumtif misalnya membeli handphone.

Berita Lainnya
1 dari 481

Sementara itu Bupati Tala HM Sukamta mengungkapkan bahwa program BPUM ini adalah usaha dari pemerintah untuk menyelamatkan perekonomian di Bumi Tuntung Pandang, Ia juga berharap dengan bantuan ini usaha-usaha kecil yang ada di Tala dapat tumbuh dan bergerak kembali.

“Inilah wujud perhatian kita Pemkab Tala melalui Diskopdag, Pak Kadispodag bersama jajaran bekerja siang malam melakukan pendataan dan mengajukan ke kementerian data usulan tersebut yang berjumlah 30 ribu, dan alhamdulillah yang disetujui 21.175 penerima yang terverifikasi,”jelasnya.

Sukamta juga mengatakan bahwa Wakil Bupati Tala Abdi Rahman beserta Kadiskopdag Tala Syahrian Nurdin bertolak langsung ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk menyampaikan bahwa Pemkab Tala serius untuk menyelamatkan ekonomi dan usaha kecil dan minta diprioritaskan.

“Karena yang datang Pa Wabup langsung karena menunjukkan keseriusan kita, maka dapat tambahan 10 ribu lebih lagi di gelombang kedua ini,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Tala tersebut menegaskan bahwa pihaknya memprioritaskan pemulihan ekonomi masyarakat ketimbang pembangunan gedung dan hal-hal lainnya.

“Kita kesampingkan dulu pembangunan gedung dan lainnya, karena kita ingin menyelamatkan manusianya dulu, usahanya kita selamatkan sehingga tidak ada warga yang kelaparan itu adalah komitmen kami,” tegasnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya