Aquascape Sajikan Landcape Bawah Air

Banjarmasin, KP – Sesekali terucap dari mulut pengunjung kalimat pujian yang datang melihat keindahan beberapa akuarium yang di hias oleh penghobi yang tergabung dalam Banjarmasin Aquascaper Club (BAC) pada acara pameran di Hapeworld Banjarmasin.

Hobi tersebut menampilkan landcape (Pemandangan) yang indah dan seperti nyata. Dimana pembuatannya memerlukan keahlian tersendiri selain ketelitian dan juga akurasi seni yang digunakan dalam sebuah media aquarium.

Namanya Aquascape dimana seni tersebut mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagainya.

“Aquascape itu menarik karena kita tidak hanya memelihara ikan tapi juga memelihara semua komponen yang ada didalam akuarium,” kata Ahmad Yani perwakilan BAC Minggu (20/12/2020).

Dikatakannya pula saat ini hobi aquascape banyak orang beranggapan hal yang mahal padahal tidak, namun sekarang mulai diminati warga terlebih pada saat pandemic dimana orang lebih senang tinggal dirumah.

“Jika kita belajar mencintai sesuatu, terkadang yang namannya mahal dan sulit tersebut hanya menjadi sebuah kata relatif saja, dan tinggal kita yang mengembangkan hobi tersebut,” ucapnnya.

Berita Lainnya
1 dari 4.774

Saat ditanya apa bedanya aquascape dengan akuarium. Tak sedikit orang yang gagal memahami dan tidak bisa membedakan keduanya.

Sebenarnnya Aquascape dan akuarium memang hampir sama, dimana keduanya menggunakan wadah yang terbuat dari kaca. Selain kaca, bahan seperti acrylic atau bahan lain juga dapat digunakan sebagai wadah keduanya.

Namun akuarium hanya berfokus pada ikan hias saja sebagai isinya. Sementara aquascape menjadikan ikan, keong atau udang hanyalah sebagai penghias dan bukan hal yang begitu penting sebagai variasi.

“di Aquascpae, ikan hanya berfungsi sebagai pelengkap, tujuan utamanya adalah membuat sebuah landcape bawah air yang indah dan bagus,” Jelas Ahmad Yani.

Ia juga menambahkan, dalam pembuatan Aquascape pencahayaan yang berfungsi sebagai pengganti sinar matahari untuk proses fotosintesis sangat penting yaitu Co2, faktor lainnya yaitu pupuk dasar, bakteri starter, rumah bakteri, soil dan juga filterisasi atau penyaringan air juga menjadi prioritas.

“Suhu serta kelembapan menjadi hal yang penting di Aquascape terutama untuk tanamannya jika tidakk bisa mati,”ucapnya.

Dalam tampilan Aquascape tampilan harus diperhatikan foreground (bagian depan), midground (bagian tengah) dan juga background (bagian belakang). Dan untuk cahayannya harus pula terperhatikan lowlight, (rendah), midlight ( Sedang) dan juga highlight (terang). (ifin)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya