Bupati HST Peringati Hari Jadi Kabupaten Ke-61 Tahun 2020

Barabai, KP – Didahului dengan pengajian Al Qur’An yang dibawakan oleh Mufidatul Husna dan sebagai saritilawah dibawakan oleh Muthia Humaira yang betapa merdunya lantunan dan ayat suci al Qur’An yang dibacakan dan betapa indahnya makna yang terkandung dalam ayat suci Al Qur’An untuk banua kita tercinta, semoga lantunan ayat-ayat suci Al Qur’An selalu menggema di seluruh penjuru bumi Murakata.

Setelah itu dibacakan doa oleh Ketua MUI Kab HST KH Wajihudin Saleh yang merupakan do’a untuk keselamatan bagi warga kabupaten hulu sungai tengah.

Dilanjutkan Ketua DPRD HST H Rachmadi menyampaikan sejarah singkat kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang menjadi kabupaten administratif dan diresmikan pada tanggal 17 desember 1959 dan ditetapkan oleh bapak H Basri BA sebagai pejabat kabupaten administratif Barabai dengan UU No.29 tahun 1959, kabupaten administratif Barabai ditetapkan menjadi daerah swatengra tingkat II HST.

Akhirnya dengan keputusan Gubernur kepala daerah tingkat I Kal-Sel atas nama menteri dalam negeri tanggal 5 desember 1959 No 11-515-1-9 pada 24 desember 1959 dilaksanakan serah terima antara pejabat Bupati HST H.Basri BA kepada Bupati swatantra tingkat II HST H.Ali Hamdi Budigawis dengan penyerahan daerah swatengra tingkat II HST sejak tanggal 24 desember 1959, sejak itulah kabupaten hulu sungai tengah berdiri dengan daftar riwayat berbagai pertimbangan, maka ditetapkanlah pada tanggal 24 desember 1959 merupakan hari lahirnya kabupatan daerah tingkat II Hulu Sungai Tengah (HST) yang melaksanakan otonomi secara penuh sampai sekarang.

Bupati HST HA Chairansyah dalam sambutannya menyampaikan  rasa syukur, bangga dan bahagia, karna saya  atas nama pribadi dan atas nama pemerintah kab HST mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada semua pihak, yang telah turut berhadir dalam penyelenggaraan acara pada tahun ini secara virtual, dan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pandemi covid-19, yang mengharuskan kita untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan.

Berita Lainnya
1 dari 444

Dengan ini juga Bupati HST HA Chairansyah menginformasikan bahwa peringatan Hari Jadi Kabupaten HST yang ke – 61 pada tahun ini dilaksanakan secara virtual  melalui kanal youtube dan zoom metting yang disiarkan ke seluruh SKPD dan seluruh kecamatan se kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Disamping itu pula dalam  kesempatan ini marilah kita bersama- sama mendoakan para pendiri dan pejuang kabupaten hulu sungai tengah yang telah mendahului kita, semoga segala usaha serta amal baik mereka diterima disisi allah SWT ujar HA Chairansyah.

Sejak Gubernur resmikan kepala daerah tingkat I kalimantan selatan atas nama menteri dalam negeri maka tepat pada tanggal 24 Desember tahun 1959, Kabupaten HST resmi menjadi kabupaten daerah tingkat II yang melaksanakan otonomi secara penuh. Kabupaten HST pada saat ini memasuki usia ke-61 tahun dan angka tersebut menggambarkan sebuah kedewasaan, kematangan serta kemantapan kab HST yang dilandasi dengan niat tulus dalam pengabdiannya untuk bumi murakata yang Agamis, Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat.

Dengan ini Kabupaten Hulu Sungai Tengah sesuai dengan tema peringatan hari jadi kabupaten HST yang ke-61 tahun 2020, “Barakat Ikhlas, Gawian Tuntas, Banua Sain Bungas,”.

Bupati HST HA Chairansyah menginginkan agar pembangunan di banua kita sudah tentunya mengalami perubahan baik dari segi pemerintahan maupun pelayanan langsung kepada masyarakat seperti dibidang keagamaan dan kesejahteraan sosial untuk mewujudkan masyarakat yang agamis dan selalu meningkatkan kualitas kehidupan beragama, dan melakukan keserasian hubungan antar ulama dan umara seperti pemberian insentif kepada kaum mesjid dan dai desa terpencil, melakukan kegiatan subuh krliling (suling) secara rutin, dan pemerintah selalu memberikan yang terbaik untuk kemajuan Kab HST terutama di bidang pertanian dan perikanan, dibidang pendidikan, dibidang kesehatan , dibidang pekerjaan umum dan perumahan pemukiman, dibidang lingkungan hidup, dibidang. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya