Gelombang Laut Tinggi, Stok Ikan Segar Masih Aman Jelang Nataru

Rusdi mengatakan, cuaca saat ini agak kurang bersahabat bagi nelayan. Gelombang tinggi 2,5 – 4 meter di perairan laut Jawa dan Selat Makassar, tapi tidak sampai memengaruhi pasokan ikan segar di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin.

BANJARMASIN, KP – Persediaan ikan cukup normal di pelabuhan perikanan Banjar Raya, walaupun beberapa hari belakangan kapal yang masuk berkurang karena cuaca tak menentu dan curah hujan yang tinggi.

Diungkapkan Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Banjar Raya, Rusdi Hartono, stok ikan laut segar menjelang tibanya hari Natal dan Tahun Baru 2021 cukup banyak di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya.

Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Banjar Raya, Rusdi Hartono

“Memang kapal yang masuk dalam beberapa hari ini agak berkurang, kemarin hanya 2 kapal yang masuk, biasanya 5 sampai 6 kapal. Kapasitas 1 kapal itu bisa sampai 10 ton. Tapi, persediaan ikan di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya cukup, bahkan hingga Natal dan Tahun Baru 2021 masih ada stok,” ujarnya kepada Kalimantan Post, Selasa (22/12).

Rusdi mengatakan, cuaca saat ini agak kurang bersahabat bagi nelayan. Gelombang tinggi 2,5 – 4 meter di perairan laut Jawa dan Selat Makassar, tapi tidak sampai memengaruhi pasokan ikan segar di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 928

“Cuaca saat ini sulit diprediksi, tapi kita bisa melihat secara update di display indoor BMKG yang ada di kantor pelayanan di depan, terkait kondisi perairan di Laut Jawa dan Selat Makassar. Jadi, sebelum kapal keluar pelabuhan perikanan kita benar-benar memerhatikan kondisi perairan yang ada. Kita tetap mengutamakan keselamatan dalam berlayar,” imbuhnya.

Gudang berpendingin atau Cold Storage di Pelabuhan Banjar Raya, lanjut Rusdi, mampu menampung hingga 100 ton ikan, dan semua terisi penuh. Sehingga, pelaku usaha tak perlu risau untuk mendapatkan ikan segar. Ia menjamin, pasokan ikan di pelabuhan perikanan milik Pemprov Kalsel ini tetap aman.

“Selain itu, kita punya 2 buah kontainer pendingin yang berisi 15 ton dan 1 buah kontainer kapasitas 25 ton ikan. Insya Allah persediaan ikan sangat cukup hingga awal tahun 2021,” jelasnya.

Ditambahkan Rusdi, pasokan ikan segar di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya saat ini, tak hanya mencukupi untuk kebutuhan ikan segar di Kalsel saja, tapi hingga Kalteng, Kalbar dan Kaltim

“Persediaan kita untuk memenuhi kebutuhan ikan segar seluruh wilayah Kalimantan Selatan, bahkan sampai provinsi tetangga,” sebutnya.

Pasokan ikan segar yang tersedia saat ini, lanjut Rusdi, sekaligus untuk menutupi jika terjadi kekosongan ikan, sehingga ikan terus tersedia di pasaran.

“Jadi, sekali lagi, masyarakat tak perlu khawatir, persediaan ikan segar kita di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan jelang Natal dan Tahun Baru,” pungkasnya. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya