Harga Haruan dan Papuyu Stabil, Namun Daya Beli Turun

Sedangkan, untuk ikan Papuyu ukuran besar, Salbiah menjual seharga Rp 100.000 per kilogram. Papuyu ukuran kecil, harganya cukup murah Rp 50.000 per kilogram dan Papuyu ukuran tanggung Rp 80.000 per kilogram.

BANJARMASIN, KP – Harga ikan sungai, khususnya ikan Haruan dan ikan Papuyu hampir tak ada perubahan dengan bulan lalu. Dari pantauan Kalimantan Post di Pasar Lama, Banjarmasin, harga kedua ikan tersebut cukup stabil.

Seperti diungkapkan Salbiah, seorang pedagang ikan sungai di Pasar Lama, jika harga ikan Haruan dan Papuyu tetap bertahan, tak ada perubahan yang signifikan dibanding sebelumnya.

“Saat ini harga ikan Haruan ukuran besar sekitar Rp 65.000 sampai 70.000 per kilogram. Yang ukuran sedang antara Rp 55.000 hingga Rp 60.000,” sebutnya, saat disambangi di lapak dagangannya, Kamis (17/12).

Sedangkan, untuk ikan Papuyu ukuran besar, Salbiah menjual seharga Rp 100.000 per kilogram. Papuyu ukuran kecil, harganya cukup murah Rp 50.000 per kilogram dan Papuyu ukuran tanggung Rp 80.000 per kilogram.

Kendati tak ada kenaikan harga ia mengaku kesulitan menghabiskan ikan-ikan jualannya. Ia tak menampik, jika pandemi Covid-19 sangat berdampak dengan tingkat pembelian masyarakat.

“Jualan sepi sekali, dalam sehari belum tentu laku habis terjual, padahal harganya tidak naik. Saya juga sedikit ambil untung, bahkan untuk modal saja sering tidak kembali,” keluhnya.

Berita Lainnya
1 dari 589

Menurutnya, musim penghujan memang sulit bagi nelayan atau pencari ikan untuk mendapatkan jenis ikan sungai seperti Haruan dan Papuyu. Namun, ketersediaan pasokan ia rasa masih aman.

“Setiap hari saya membeli ikan-ikan di Pelabuhan Telawang di jalan RK Ilir Banjarmasin. Stoknya ada saja, meskipun tidak terlalu banyak,” ujar warga Sungai Lulut ini.

Salbiah menuturkan, pedagang sulit menaikkan harga di tengah kondisi wabah Corona yang belum juga usai. Mau tak mau, ia dan pedagang ikan lainnya hanya mengambil untung tipis.

“Serba salah, kalau harganya dinaikkan tidak ada yang beli. Harga tidak naik saja, jualan sudah sepi,” katanya.

Pedagang ikan lainnya, Raudah, yang menjual ikan air tawar tambak mengatakan, harga ikan Patin, ikan Nila dan ikan Lele harganya cukup stabil. Jika ada kenaikan pun, jumlahnya tidak terpaut jauh.

“Harga ikan Patin hari ini Rp 23.000 per kilogram, ikan Nila Rp 34.000 per kilogram dan ikan Lele Rp 24.000 per kilogram. Kalau ada kenaikan paling Rp 1.000 sampai Rp 2.000 saja per kilonya,” ucapnya.

Pasokan ikan air tawar, lanjut Raudah cukup aman, sehingga tak terlalu berpengaruh dengan harga.

“Stok selalu ada, harga ikan air tawar tak jauh beda dengan bulan lalu. Kalau naik pun, selisihnya tidak akan jauh,” imbuhnya. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya