Ikon dan Percantik Desa Longawang
Tugu Longa Manis Dibangun

SEBAGAI – Ikon sekaligus symbol persatuan Desa Longawang, Pandulangan dan Gumbil, kini telah selesai dibangun Tugu Longa Manis di pertigaan jalan Desa Longawang, oleh Premarital Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS).

Tugu tersebut selesai dibangun pada 21 Oktober 2020.

Tugu itu didesain berbentuk singkong di dalam wadah berupa nyiru. Desa Longawang terkenal makanan tapai, terbuat dari singkong yang melimpah di desa itu. Sehingga singkong dimasukkan dalam unsure bangunan tugu.

BUPATI HSS – H Achmad Fikry meletakkan beton pertama pembangunan Tugu Longa Manis di Desa Longawang, Kecamatan Telaga Langsat. (KP/Ist)

Diberi nama Tugu Longa Manis, sebab merupakan nama asal dari kampung di sana sebelum dimekarkan dan menjadi beberapa kampung. Saat ini lokasi Kampung Longa Manis dimaksud, merupakan wilayah administrative Desa Pandulangan, Longawang dan Gumbil.

Konon, Longa Manis merupakan sebuah nama pohon yang hidup di daerah itu, sehingga menginspirasi masyarakat menjadikan nama kampungnya. Namun sayangnya, pohon Longa Manis itu kini katanya sudah punah.

Berita Lainnya
1 dari 492

Tugu Longa Manis dibangun Pemkab HSS untuk menjadi ikon, sekaligus sebagai pengingat sejarah kampung. Dibangun sejak Selasa (25/8/2020) lalu, dilakukan peletakan batu pertama secara simbolis oleh Bupati HSS Achmad Fikry.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, dibangunnya tugu Longa Manis diharapkan dapat menjadi daya tarik, bagi masyarakat maupun pengendara yang melintas di Desa Longawang.

Hal itu juga akan menjadi kebanggaan, bagi masyarakat Desa Longawang.

Serta, tugu di pertigaan itu juga akan memperlancar jalannya lalu lintas.

“Pembangunan tugu ini kita laksanakan untuk mempercantik dan memperindah lingkungan jalan. Dan ini juga di pertigaan, sehingga dapat lebih mengatur arus lalulintas di persimpangan,” tutur Achmad Fikry.

Achmad Fikry berpesan, masyarakat juga turut andil dalam perawatannya. Apabila ada semisal lampu hiasnya yang rusak, diimbaunya segera melapor ke dinas terkait, sehingga bisa segera diperbaiki.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH Kabupaten HSS) Ronaldy Prana Putra mengungkapkan, Tugu Longa Manis dibangun dengan anggaranRp 198.978.000.

Pemkab HSS berupaya membangun tugu dan ruang terbuka hijau (RTH) di seluruh kecamatan. Hampir seluruh kecamatan sudah memiliki tugu dan RTH, akhir tahun 2020 ini akan selesai lagi pembangunan RTH Datu Abul Hasan Kecamatan Padang Batung, dan RTH Datu Durabu Kecamatan Kalumpang. (**)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya