Ketua Pembina SMSI Kalteng Tutup Usia

Palangka Raya, KP – Duka yang mendalam bagi para wartawan di Kalteng karena salah seorang rekan seprofesi Ketua Pembina Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Tengah (Kalteng) Drs Barthel B Usin 2019-2023 dan Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia dan Industri Indonesia (KADIN) Periode 2020-2025 telah tutup usia.

Pria kelahiran Tumbang Nusa, 24 Agustus 1963, mantan Wartawan Antara, Sinar Harapan dan Suara Pembaharuan serta mantan Sekretaris PWI Kalteng, saat di Rumah Sakit Pembelum menghembus nafas terakhir Jumat (18/12) pukul 8.20 WIB jalan Tjilik Riwut Palangka Raya.

“Benar abang Bartel, telah berpulang” ujar Bridel sang adik kandung almarhum menuturkan.

Semasa hidup almarhum sambung Bridel, yang juga Bendara SMSI Kalteng ini, sebagai Ketua Umum KADIN Palangka Raya, selain sebagai wartawan dan pengusaha.
Almarhum meninggalkan seorang istri dua anak dan satu orang cucu dan beliau ju ga sebagai pengurus Partai Golongan Karya (Golkar) Kalteng.

Dalam keluarga dan lingkungan gereja, beliau dikenal, sebagai sosok yang ramah pengayom, disiplin dan suka bergaul serta selalu menghargai pendapat orang lain.

Berita Lainnya
1 dari 503

Sementara pengakuan istri beliau bahwa selama ini memang tidak ada tanda- tanda sedikitpun bahwa alm.akan pergi meninggalkan mereka, bahkan sampai dinyatakan meninggal dunia belum dinyataksn secara pasti penyakit yang dideritanya sampai menghembuskan nafas terakhir.

Sedangkan dari beberapa kalangan menyebutkan kemungkinan besar adalah faktor kekelahan.

Sementara itu, menurut H Sutransyah yang mantan Ketua PWI Kalteng tiga periode (tahun berbeda) almarhum menuturkan dirinya mengenal sosok Barthel sebagai tokoh pers panutan.

“Beliau orangnya sangat sosial, sederhana, ramah dan mudah bergaul sehingga dikenal banyak kalangan baik di lingkungan pers, pemerintahan maupun politik, serta pengusaha ujar Sutransyah.

Dia berharap, sikap keseharian almarhum ini dapat diteladani insan pers dalam menjalankan tugas jurnalistik secara profesional dengan tetap menjaga hubungan personal yang baik dengan semua pihak.

Jenazah alm. Barthel B. Usin dikebumikan pada hari Minggu (20/12/2020) jam 12.00 WIB di TPU jalan Tjilik Riwut Km12 Palangka Raya dengan hampir ribuan orang pelayat yang tertib dan patuhi protokol kesehatan dari sejak ibadah malam pertama perkabungan sampai acara pemakaman.

Hal tersebut menandakan bahwa alm. Barthel B. Usin adalah seorang figur panutan baik dari keluarga, gereja, wartawan maupun sebagai masyarakat.(yld/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya