Lembur di Malam tahun Baru, Ribuan Petugas Kebersihan Dijatah Rp100 Ribu

Banjarmasin, KP – Seluruh petugas kebersihan yang ada di bawah koordinasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin bakal bersiap menghadapi malam pergantian tahun.

Di saat para karyawan dan pekerja lainnya menikmati libur, di malam tahun baru ribuan pahlawan kebersihan di Kota Seribu Sungai ini malah lembur. Beruntung tetes keringat mereka itu diberikan kompensasi sebesar Rp100 ribu per petugas.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Marzuki pada awak media saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/12) siang.

“Akan kita berikan bonus untuk menghargai kinerja mereka, dimana orang lain libur mereka malah bekerja untuk menjaga kebersihan kota,” ucapnya.

Pria dengan sapaan Jack itu membeberkan, nantinya kemungkinan besar pihaknya bakal menerjunkan 1.600 lebih petugas yang disiagakan.

“Tapi ini tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.167

Ia menjelaskan, untuk petugas yang lembur, kompensasi akan diberikan lebih dulu, alias sebelum melaksanakan tugasnya. Atau sesuai dengan jadwal atau jam kerjanya masing-masing.

Lantas, bagaimana pihaknya bisa menjamin para petugas kebersihan benar-benar mengerjakan tugasnya, bahkan sampai lembur?

Ia mengklaim, akan ada sejumlah pengawas yang diturunkan untuk memantau petugas menjalankan tugasnya.

Saat ditanya terkait kawasan yang berpotensi banyak menimbulkan sampah. Marzuki membeberkan sejumlah tempat, yakni di simpang empat Jalan Lambung Mangkurat, hingga titik-titik yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Umumnya di tiap perempatan jalan besar,” bebernya.

Kendati demikian, Marzuki memprediksi bahwa malam pergantian tahun, sampah-sampah yang diakibatkan pada malam pergantian tahun tidak mengalami penambahan yang signifikan.

Pasalnya, selain malam pergantian tahun bertepatan dengan malam Jumat, pergantian malam tahun baru kali ini juga diprediksi tidak ada gelaran event lantaran masih dalam kondisi pandemi.

“Mungkin sampahnya hanya dua ton. Atau sebanyak dua truk,” tutupnya.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya