Penerima BLT UMKM Rp 2,4 juta,
Merasa Dapat Rejeki tak Disangka-sangka

Adanya bantuan langsung UMKM ini, tentu menjadi angin segar bagi mereka. Paling tidak, sementara waktu ada pemasukan yang dapat meringankan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

BANJARMASIN, KP – Pemerintah meluncurkan program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Melalui program BPUM ini, masing-masing penerima mendapat bantuan nominal Rp 2,4 juta.

Seorang penerima BPUM di Banjarmasin, Amat, mengungkapkan rasa sukacitanya setelah dirinya menerima bantuan pemerintah tersebut.

“Saya sudah menerima dana Rp 2,4 juta bantuan pemerintah itu. Kalau tidak salah tanggal 15 Desember lalu dananya masuk rekening,” ujar Amat yang mempunyai usaha jasa percetakan dan sablon.

Menurutnya, ia mengajukan dana bersama teman-teman pelaku usaha lainnya yang kebanyakan juga menggeluti usaha percetakan, sablon dan pembuatan stempel di kawasan Pasar Sukaramai, Banjarmasin Tengah.

“Iya, kami sama-sama mengajukan pada pertengahan bulan Nopember 2020. Alhamdulillah, hampir semua pelaku usaha disini sudah menerima di pertengahan Desember. Kurang lebih sekitar satu bulan lah kami menunggu,” tuturnya kepada kepada Kalimantan Post, Minggu (20/12).

Hal senada dikatakan Asta, pelaku usaha pembuatan stempel di kawasan jalan Pangeran Samudera, Banjarmasin Tengah, jika formulir pengajuan bantuan presiden untuk BLT UMKM yang ia ajukan telah cair.

“Senang sekali, akhirnya dapat bantuan dari pemerintah. Rasanya seperti dapat rezeki yang tak disangka-sangka. Maklum lah, berbulan-bulan usaha sepi, jadi pemasukan kembang kempis karena dampak wabah Corona ini,” imbuhnya.

Amat dan Asta, adalah sebagian dari para pelaku usaha dari sekian banyak pelaku usaha lainnya yang terdampak Covid-19. Adanya bantuan langsung UMKM ini, tentu menjadi angin segar bagi mereka. Paling tidak, sementara waktu ada pemasukan yang dapat meringankan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Berita Lainnya
1 dari 928

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman mengatakan, program BPUM atau BLT UMKM ini sudah tersalurkan 100 persen ke pengusaha mikro.

Dia mengatakan, proses pencairan ini dilakukan hingga tahap ke-31 dengan total anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 28,8 triliun.

“Kalau per hari kemarin penyalurannya masih ke 11,9 juta pengusaha mikro dengan total anggaran Rp 26 triliun, tapi per siang hari ini, sudah disalurkan ke 12 juta pengusaha mikro, Alhamdullillah sudah 100 persen kami salurkan,” ujar Hanung saat jumpa pers virtual, Kamis (10/12/2020), dikutip dari Kompas.com.

Hanung menegaskan, untuk menjamin proses penyaluran ini terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan, program penyaluran ini pun selalu diawasi dan dilakukan pemeriksaan secara ketat oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Program ini, direncanakan akan diperpanjang hingga tahun depan. Namun, prosesnya masih dalam tahap pembahasan. Anggarannya juga masih dalam pembahasan,” imbuh Hanung.

Untuk melihat daftar penerima BPUM atau BLT UMKM Rp 2,4 juta di BRI dapat dilakukan secara online melalui situs https://eform.bri.co.id/bpum.

Bagi pelaku UMKM yang dianggap memenuhi persyaratan, maka dana tersebut akan ditransfer melalui rekening atas nama masing-masing penerima senilai Rp2,4 juta.

Adapun cara cek penerima penerima BPUM di eform.bri.co.id/bpum yakni sebagai berikut:

  1. Klik e-form BRI melalui link https://eform.bri.co.id
  2. Klik BPUM (Cek Data BPUM)
  3. Jendela Penerima BPUM UMKM akan terbuka
  4. Masukkan NIK dan Kode Verifikasi Klik ‘proses inqury’.

Apabila penerima telah mendapatkan informasi mengenai penerimaan BLT UMKM BPUM Rp2,4 juta melalui EFORM BRI atau melalui SMS, bisa langsung melakukan pencairan di bank penyalur, dengan membawa dokumen penting agar uangnya bisa langsung cair ke rekening. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya