Pengendalian dan Penanganan Covid
Rapat Kerja Pansus Covid 19 DPRD HST dengan Tim Gugus Tugas Pencegahan

Barabai, KP – Rapat Kerja Pansus Covid 19 Kab HST dipimpin oleh wakil Pansus Covid-19 DPRD HST H Alamsyah didampingi Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan bertempat di Gedung DPRD Kab.HST Lantai II, Senin (28/12/2020).

H Alamsyah sebagai pimpinan rapat meminta kepada gugus tugas untuk dapat melaporkan realisasi kegiatan yang dilaksanakan dan realisasi Anggaran SKPD terkait anggaran COVID-19 serta kegiatan yang akan dilaksankan pada Tahun 2021.

Ia juga meminta penjelasan secara global sebelum dilanjutkan laporan secara detail dari masing-masing SKPD yang tergabung dalam Tim gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid 19 kab HST

Mengawali penjelasannya Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan mengatakan 

Melihat perkembangan covid 19i, di HST cenderung masih melandai, ditambah dengan adaptasi kehidupan kenormalan baru, ada beberapa aktifitas yang berhubungan dengan ekonomi masyarakat mulai dilonggarkan tetapi tetap di harapkan masyarakat patuhi protokol kesehatan,” katanya

Wakil Bupati H?ST Berry Nahdian Forqan mewakili gugus tugas menjelaskan bahwa sebagaimana informasi dari Dinas Kominfo, perkembangan COVID-19 di HST pertanggal 27 Desember 2020 terkonfirmasi positif tetap seperti hari sebelumnya 745 orang, Pasien dalam perawatan berkurang 35 orang, suspek 17 orang, Pasien Sembuh bertambah 5 orang sehingga total menjadi 650 orang dan meninggal tetap seperti hari sebelumnya  60 orang. Daerah dengan kematian tingkat yang cukup tinggi, masih rendahnya kepatuhan pada protokol kesehatan walaupun tim pemantauan terus dijalan kan bahkan ditingkatkan. Upaya yang dilakukan dengan mengeluarkan perbup nomor 40 Tahun 2020.

Berita Lainnya
1 dari 511

Lebih lanjut ia mengharapkan segala usaha dan langkah yang dilakukan  akan maksimal bila masyarakat juga dapat mendukung dengan menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan sehari-hari,” ujarnya.

Selanjutnya laporan realisasi kegiatan dan anggaran secara detail akan dilaporkan oleh masing-masing SKPD.

Dimulai Dinas Kesehatan Kab.HST, Rumah Sakit Umum H Damanhuri Barabai, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab.HST, Satuan Polisi Pamong Praja & Pemadam Kebakaran Kab.HST, Dinas Sosial Pengendalian Penduduk & KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab.HST dan Badan Pengelola Keuangan & Aset Daerah Kab.HST terkait Penanggulangan Wabah Covid 19 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Plt Kepala Dinas Pertanian Ir.Misradi melaporkan dalam rangka penyedian beras JPS penanganan Covid 19 di Kab.HST dialokasikan anggaran melalui belanja tidak terduga (BTT) sebesar Rp 6.124.581.738 ( Enam milyar seratus dua puluh empat juta lima ratus delapan puluh satu juta ratus tiga puluh delapan rupiah ) untuk penyediaan beras sebanyak 689.695 kg dalam kemasan 10kg dan selesai disalurkan. Realisasi anggaran sebesar Rp 6.052.270.525 (Enam milyar lima puluh dua juta dua ratus tujuh puluh lima ratus dua puluh lima rupiah) atau 98, 82 persen.

Dalam rangka penyediaan benih padi untuk antisipasi krisis pangan akibat pandemic covid 19 di Kab. HST dialokasikan anggaran melalui BTT sebesar Rp 1.188.600.000 untuk penyediaan benih padi sebanyak 125.000 kg dalam kemasan 10 Kg dan selesai didistrbusikan. Realisasi anggaran sebesar Rp 1.066.261.500 atau sebesar 89,70 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Chairiah, ST melaporkan sesuai SKB 4 Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan tahun Akademi 2020/2021 dimasa pandemic covid19. Pemerintah Daerah Kab.HST telah mempersiapkan untuk pelaksaan pembelajaran tatap muka disemestar genab tahun ajaran 2020/2020. Dengan memperhatikan faktor faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemberian ijin pembelajaran tatap muka.kemudian untuk satuan pendidikan diperbolehkan melaksanakan pembelajaran Tatap muka untuk yang telah memenuhi daftar periksa.

Pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan tetap hanya diperbolehkan untuk satuan pendidikan yang telah memenuhi daftar periksa yakni ketersediaan saran. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya