Ratusan Penghuni Lapas Banjarmasin Sukseskan Pilkada Gubernur dan Walikota

Banjarmasin, KP – Ratusan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Teluk Dalam Banjarmasin, mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Calon Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Banjarmasin, Rabu pagi (9/12/2020), sekitar pukul 08.30 WITA.

Dimana kegiatan ini langsung dipantau oleh Kepala Kanwil kemenkumham Kalsel, Agus Toyib Bc IP SH MH, Kepala Lapas Kelas IIA Teluk Dalam Banjarmasin,Porman Siregar, dari perwakilan ikut menyaksikan para penghuni Lapas Kelas IIA Teluk Dalam Banjarmasin, melaksanakan pencoblosan.

Kepala Lapas Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Banjarmasin, Porman Siregar mengatakan dari 2271 warga binaan yang ada hanya 471 warga binaan yang memenuhi syarat untuk memberikan hak suara, walaupun secara bergantian nama warga binaan disebut satu persatu oleh petugas untuk datang ke TPS yang telah ditentukan.

Berita Lainnya
1 dari 2.117

Selain itu juga ada lima TPS yang dibagi, dan sebelumnya pihaknya telah melakukan sosialisasi tentang tatacara pencoblosan dengan menggunakan alat peraga, namun kita pastikan tidak ada tekanan atau paksaan kepada warga binaan dalam menentukan pilihannya, dan menggunakan hati nurani mereka dalam mencoblos.

Dari keterangan salah satu warga binaan, Rizal, persiapan Pilkada di dalam Lapas kali ini menurutnya lebih baik dari pada saat Pilpres lalu, meski menyayangkan masih kurangnya informasi yang diterima warga binaan terkait Paslon yang akan di pilih.

“Saya sudah dua kali nyoblos di Lapas. Pencoblosan kali ini jauh lebih baik,” ujarnya.

Tidak terlalu banyaknya DPT membuat beberapa TPS yang ada didalam Lapas telah menyelesaikan pencoblosan, namun petugas TPS yang berjaga mengatakan meski telah selesai lebih awal, penghitungan suara baru akan dimulai pukul 12.00 Wita secara serentak.

Menurut Kepala Kanwil kemenkumham Kalsel, Agus Toyib Bc IP SH MH, bahwa kegiatan hari ini, semua Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Kalimantan Selatan melaksanakan pemungutan suara pemilihan kepala daerah, dan semuanya sudah menggunakan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Semoga, kegiatan hari ini bisa berjalan lancar tanpa ada halangan apapun dalam melaksanakan kegiatan Pilkada. Kita sudah bekerja sama dengan Bawaslu serta KPU dalam melaksanakan kegiatan ini,” imbuhnya. (Fik/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya