Tanamkan Materi Wirausaha Ke Pelajar Tala
Sukamta Mengisi Program Belajar di Radio Tuntung Pandang

Pelaihari, KP – Cita-cita Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta untuk menjadi guru puluhan tahun silam akhirnya terwujud, hal tersebut Bupati Sukamta sampaikan saat menjadi pengisi materi program Belajar Dari Radio Tuntung Pandang (Badatang) di Studio Radio Tuntung Pandang Pelaihari, Senin pagi (7/12/2020).

Sukamta mengatakan bahwa dirinya sebelum mengenyam pendidikan di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri Banjarbaru sempat ingin berkuliah sebagai guru, “Dulu saya sempat ingin menjadi guru namun belum kesampaian, hari ini saya mendapat kesempatan mengajar di program Badatang ini, apakah saya bisa menjadi guru yang baik,”canda Sukamta.

Bupati Tala Sukamta mengingatkan para siswa dan siswi yang ada di rumah untuk selalu menerapkan 3M yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan selalu menggunakan masker.

“Kami bekerja pagi, siang dan malam untuk menjaga adik-adik kita yang ada di rumah, maka dari itu belajarlah sungguh-sungguh karena masa depan Tala ini kedepan akan dipimpin oleh kalian,”ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 414

Selaku pemberi materi dengan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan tema Wirausaha, Sukamta mendorong agar para siswa dan siswi untuk tidak takut berwirausaha nantinya.

“Jangan takut berusaha sendiri, contohnya adalah Paman Adul penjual roti terkenal di Pelaihari, dulu beliau cuma jualan dengan sepeda butut, namun sekarang sudah memiliki ruko sendiri bahkan rumah beliau sangat besar dan memiliki mobil mewah,” tuturnya.

Tambahnya ia juga berharap dengan materi wirausaha yang diberikan pada hari ini para siswa sudah mendapat gambaran bagaimana berwirausaha itu.

Dalam program Badatang tersebut juga ada pertanyaan interaktif dari para siswa kepada Bupati Tala, salah satunya Angel Silvia siswi dari UPTD SDN 2 Benua Lawas yang menanyakan kepada bupati, tentang bagaimana cara menghargai usaha milik orang lain.

Orang nomor satu di Bumi Pandang tersebut pun menjelaskan yang paling penting adalah membeli atau menggunakan jasa dari usaha orang lain tersebut, “Harus kita beli produknya atau kita pakai jasanya, makanya seluruh PNS dan karyawan di Pemkab Tala wajib menggunakan sasirangan khas Tala yang dibuat oleh pengrajin kita di Tala juga, jika tidak membeli kita juga bisa mempromosikannya,” jelasnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya