TP PKK HST Gelar Rapid Test Gratis Bagi Perempuan

Barabai, KP – Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan melaksanakan rapid test gratis khusus perempuan, kegiatan rapid test gratis khusus perempuan yang dilaksanakan TP PKK HST di hadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK HST Hj Ernawati Chairansyah, Kepala Dinas Kesehatan drg H Kusudiarto, Kepala Puskesmas Barabai Ehwan Kusnadi, Pengurus PKK dan anggota serta peserta Rafid tes bertempat di Puskesmas Barabai, Kamis (17/12/2020) lalu.

Kegiatan Pembukaan Rafid tes gratis dalam rangka peringatan hari ibu ke-92 itu dilaksanakan di Puskesmas Barabai. Disebutkan, sasaran dari pelaksanaan rapid test ini adalah kaum perempuan terdiri remaja, ibu-ibu maupun lansia, peserta rafid tes adalah mereka yang telah di data oleh TP PKK Kab HST sebanyak 100 orang pelaksanaan Rafid tes dilaksanakan di Puskesmas Barabai, juga akan dilaksanakan di Puskesmas lainnya sesuai domisili peserta melibatkan TP PKK setempat.

Kepala Dinas Kesehatan drg H Kusudiarto mengatakan saat ini jumlah pasien sembuh menjadi kabar yang baik bagi semua pihak, yang mana secara tidak langsung juga dapat membangkitkan imunitas dan semangat bagi pasien yang lain untuk berjuang melawan Covid-19.

Peningkatan jumlah kasus yang terjadi saat ini jangan dijadikan alasan untuk saling menyalahkan antarpihak karena pandemi ini adalah masalah bersama dan dialami masyarakat di seluruh dunia. “Virus ini hanya meminta kita untuk lebih disiplin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan di tengah keramaian,” ucapnya.

Ketua TP PKK Kab HST. Hj Ernawati Chairansyah mengatakan rapid test gratis yang dirangkaikan dengan perayaan Hari Ibu ke-92 ini adalah bukti bahwa TP PKK ikut berperan aktif menanggulangi penularan Covid-19.

“Rapid test gratis ini diselenggarakan bagi anggota PKK Kabupaten dan PKK Kecamatan serta masyatakat yang minimal 100 orang termasuk sekretariat TP PKK Kabupaten,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 362

Ketua TP PKK HST Hj Ernawati Chairansyah menyatakan, kegiatan ini sangat relevan kondisi saat ini, di mana TP PKK HST mengambil peran membantu Satgas Covid-19 membantu mempercepat penanganan masalah wabah virus berbahaya tersebut.

“Terima kasih kepada panitia yang ikut mensukseskan kegiatan Rafid tes gratis dan seluruh peserta rafid test yang telah sadar dan patuh untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Dijelaskan, selama ini TP PKK HST selama ini juga telah berperan membantu Pemkab HST melalui program sosialisasi dan pembagian masker gratis dalam program gerakan memakai masker (Gebrak Masker).

“Harapannya tentu saja hasil semuanya non reaktif. Tentunya sangat tidak enak bukan kalau kita terpapar oleh pandemi ini? Itulah mengapa kita tidak boleh menganggap remeh 3M. Yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan. Lalu tentu saja Protokol Kesehatan harus dijalankan dengan benar,” terangnya.

“Sebagai seorang ibu juga, pastinya kita tidak mau kalau anak maupun keluarga kita ada yang terpapar Covid-19. Jadi, kesadaran kita terkait hal-hal yang harus kita lakukan juga jangan sampai kita lalaikan,” jelasnya.

Selanjutnya Hj Ernawati Chairansyah didampingi Kepala Dinas kKesehatan dan pengurus TP PKK lainnya memantau jalannya kegiatan rapid test yang dilaksanakan di halaman Halaman teras UGD Puskesmas Barabai tersebut. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya