Tugu Longa Manis Diresmikan Ikon Warga Longawang HSS

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meresmikan Tugu Longa Manis, di pertigaan jalan Desa Longawang, Kecamatan Telaga Langsat, Senin (28/12/2020) kemarin.

Peresmian ditandai penandatanganan prasasti pembangunan Tugu Longa Manis oleh Bupati. Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten HSS Ronaldy Prana Putra turut mendampingi Bupati.

Tugu Longa Manis dibangun sejak peletakkan batu pertama oleh Bupati pada 25 Agustus 2020 lalu, dan selesai 21 Oktober 2020.

Kepala Dispera KPLH Kabupaten HSS Ronaldy Prana Putra menjelaskan, Tugu Longa Manis dibangun dengan anggaran sebesar Rp 198.978.000.

Tugu Longa manis menampilkan ikon singkong di dalam nyiru, sebab Desa Longawang lokasi desa dibangunnya tugu tersebut merupakan sentra pembuatan makanan tapai, yang bahan utamanya merupakan singkong.

Badan tugu terbuat logam, bagian dudukan tugu terbuat dari cor beton bertulang yang bertuliskan “Longa Manis” yang dihiasi tanaman. Selain itu, dari bagian atas hingga dudukan dilengkapi dengan lampu LED untuk mempercantik saat malam hari.

Berita Lainnya
1 dari 574

Pemkab HSS berupaya mempercantik daerah dengan dibangunnya tugu maupun ruang terbuka hijau (RTH) di seluruh kecamatan hingga desa.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, bentuk tugu juga dibangun berbeda-beda sesuai potensi dari masing-masing wilayah, dan juga berasal dari aspirasi masyarakat setempat.

“Seperti di Daha Selatan yakni Tugu Lukah Iwak Papuyu, dan di Longawang berbentuk singkong,” sebut Achmad Fikry.

Tugu yang dibangun di persimpangan jalan juga berfungsi memecah arus lalu lintas, agar meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Achmad Fikry mengatakan, tidak semua persimpangan jalan akan dibangunkan tugu. Karenanya, ia berharap selesainya pembangunan Tugu Longa Manis bisa bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Longawang.

“Semoga juga dapat menjadi kebanggaan, dan ikon bagi masyarakat Longawang dan sekitarnya,” harapnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Setda HSS Sasmi Rifani, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) HSS Rahmawaty, Kepala Satpol PP HSS Iwan Friady, dan Camat Telaga Langsat Sar Ifansyah. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya