Vonny Rompas Hadiri Kegiatan Verifikasi Lapangan Program Bangga Kencana

Banjarbaru- Penjabat Sementara (Pjs Wali Kota Banjarbaru diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan Mutia Syafariahadi membuka secara resmi kegiatan Verifikasi Lapangan Apresiasi Program Bangga Kencana bagi Pengelola Kampung KB Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampung KB Kuranji, Jalan Kuranji Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan landasan Ulin Kota Banjarbaru itu turut dihadiri Pjs Ketua Tim Pengerak PKK Kota Banjarbaru Vonny Rompas Bernhard E Rondonuwu.

Kampung KB Kuranji merupakan Kampung KB yang terintegrasi dengan beberapa kegiatan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), diantaranya Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera serta Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja.

Program KKBPK di Kampung KB Kuranji terbilang sangat sukses terbukti dengan mendapatkan penghargaan dan prestasi baik ditingkat kota, provinsi maupun tingkat nasional.

Vonny Rompas mengatakan keberhasilan Kampung KB Kuranji mendapatkan penghargaan dan prestasi hingga tingkat nasional tidak terlepas dari partisipasi dan swadaya warga kampung KB Kuranji dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

Selain itu tambahnya, Berbagai lintas sektor telah bersinergi dengan Kampung KB Kuranji diantaranya Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru dengan adanya PAUD, Dinas Sosial dengan adanya Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM)Kuranji, Dinas Kesehatan dengan adaya Posyandu Balita dan Lansia, Dinas Tenaga Kerja dengan adanya Tempat Kursus dan Pelatihan, Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kota Banjarbaru dengan adanya Kegiatan Usaha Mandiri Kuranji dan juga instansi lainnya.

“Karena sejatinya, apresiasi ini tidak hanya ditujukan untuk meraih hasil akhir dan prestasi, namun lebih penting dari itu adalah harapan agar sinergi pemerintah dan masyarakat selalu terjalin baik dan berkesinambungan, sehingga program-program kerja yang telah disusun tetap berjalan optimal dari waktu ke waktu,” sebutnya.

Berita Lainnya
1 dari 691

Vonny juga mengatakan, program Keluarga Berencana yang harus ada peningkatkan melalui gerakan bersama. Karena kebersamaan dan kepedulian masyarakat adalah salah satu indikator penting dalam pencapaian kemajuan pembangunan daerah.

Sebab imbuhnya, Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga.

“Kampung KB salah satu senjata pamungkas mengatasi masalah kependudukan, jadi kampung KB harus terus ditingkatkan,” tandasnya.

Vonny berharap pencapaian kampung KB Kuranji, hendaknya dapat menjadi penyemangat dan menjadi contoh yang baik dan menginspirasi kampung KB lainnya.

“Kami berharap kampung KB Kuranji menjadi contoh bagi kampung-kampung lain tak hanya di kota Banjarbaru namun kampung-kampung di Kalsel,” harapnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Tim Verifikasi Lapangan Apresiasi Program Bangga Kencana bagi Pengelola Kampung KB Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020 Ir H Ramlan, Kepala Disdalduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru Mahrina Noor, didampingi Camat Landasan Ulin, Lurah Guntung Manggis, Ketua Pokja Kampung KB Kuranji serta undangan lainnya.

Kegiatan verifikasi lapangan, merupakan salah satu upaya untuk memotivasi dan mengukur kinerja pengelola kampung KB bersama pemerintah dan partisipasi masyarakat dalam memahami permasalahan pembangunan, salah satunya masalah kependudukan. Selain itu, juga sebagai bentuk upaya peningkatan inovasi dan motivasi kampung KB dalam memberdayakan berbagai potensi di lingkungannya.

Ketua Tim Verifikasi Lapangan Apresiasi Program Bangga Kencana bagi Pengelola Kampung KB Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020, Ramlan menyampaikan bahwa Kampung KB adalah Kampung yang berkualitas dimana sekarang peran dari Kampung KB sangat diharapkan dalam melakukan pencegahan stunting. Dan juga memberdayakan serta mensejahterakan masyarakat yang ada di Kampung KB. (dev/k-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya