Balitbangda Balangan Akan Kaji Persoalan BUMDes

Paringin, KP – 2021 ini Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah ( Balitbangda) Kabupaten Balangan kembali akan melakukan beberapa kajian atau penelitian, guna menunjang proses pembangunan di Bumi Sanggam.

Kepala Balitbangda Balangan, Aidi Nur menyampaikan, jika tahun 2021 ini sedikitnya pihaknya akan melakukan sedikitnya lima kajian di Bidang Sosial dan Budaya.

Dari lima kajian tersebut, kata Aidi, diantaranya adalah kajian terkait keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kajian atau penelitian tentang BUMDes ini sengaja kita lakukan karena selama ini keberadaan atau pertumbuhan BUMDes di Balangan masih dinilai belum maksimal,” ujar Aidi Nur, Kamis (07/01/2021) kemarin.

Apalagi lanjut mantan ketua KPUD Balangan ini, secara jumlah BUMDes Balangan terus bertambah namun perkembangan masih sangat lambat.

Berita Lainnya
1 dari 467

Padahal lanjut dia, BUMDes didorong mengembangkan usaha yang belum ada di desa. Hal itu dilakukan agar kehadiran BUMDes tidak membunuh pedagang kecil atau pengusaha lokal yang telah menjalankan bisnis serupa lebih awal.

“Lewat kajian ini kita ingin nanti menghasilkan gambaran jelas kondisi BUMDesa saat ini dan memberikan solusi perbaikan atau peningkatan keberadaan BUMDesa itu sendiri,” bebernya.

Sehingga nantinya, kata Aidi, BUMDes bisa maju berkembang dan keberadaan BUMDes tidak justru bersaing dengan usaha masyarakat yang sudah ada.

Dia menambahkan, BUMDes atau unit usahanya kan juga tidak harus menghasilkan produk. BUMDes juga dapat bergerak di sektor jasa, misalnya, jasa transaksi simpan pinjam atau pengelolaan resi gudang. Karena itu, BUMDes sekaligus membantu pemerintah menggerakkan aset yang masih terbengkalai.

“Dengan kajian ini kita berharap persoalan BUMDes bisa diselesaikan dan perkembangan ekonomi masyarakat melalui keberadaan BUMDes bisa diwujudkan,” pungkasnya. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya