Bupati Lantik 714 BPD
Diharapkan Mampu Bersinergi Dengan Pemdes

Pelaihari, KP – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diharapkan dapat terus membangun sinergitas dengan Pemerintah Desa (Pemdes). Sinergitas dimaksud dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa secara bersama-sama. Selain itu, hubungan yang baik antara BPD dengan Pemdes diharapkan mampu mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan di desa.

Hal tersebut Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta sampaikan usai melantik sebanyak 714 orang anggota BPD dari 128 desa di Aula Sarantang Saruntung, Kantor Sekretariat Daerah Tala Senin (25/1/2021).

Diungkapkan, BPD adalah wakil yang bertugas menampung aspirasi dari penduduk desa sekaligus menjadi kontrol sosial politik terhadap Pemdes. Maka dari itu diharapkan BPD dapat memahami situasi, kondisi problematika dan potensi yang ada di desa.

“Budayakan jujur dan gotong royong dalam bekerja, tunjukkan bahwa kalian dapat mengemban amanah rakyat, ciptakan hubungan harmoni dengan Pemdes setempat,”ucapnya.

Sukamta juga ingin agar anggota BPD yang ada di Tala terus meningkatkan kapasitas diri dan menjadi mitra kepala desa dan perangkatnya bukan menjadi oposisi.

“Mungkin sebelumnya ada anggota BPD yang ikut pemilihan kepala desa, sehingga terjadi persaingan dengan kades yang masih menjabat. Jika sudah begini jangan sampai terjadi oposisi atau ingin balas dendam. Kita bisa contoh Pak Joko Widodo yang mengangkat mantan pesaingnya di pilpres dengan menjadi menteri, sehingga sama-sama bersatu membangun Indonesia,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 340

Menurutnya apa yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno adalah tindakan yang mencerminkan watak seorang negarawan yang baik.

“Niatkan dihati kalian untuk membantu kades membangun desa, aspirasikan suara rakyat pada perancangan APBDes dan Musrenbang desa, kalau BPD tidak benar kerjanya nanti rakyat sendiri yang akan rugi,” tegasnya.

Sukamta pun memaparkan bahwa saat ini Indeks Pembangunan Desa (IPD) Kabupaten Tala terus meningkat, tercatat Tala memiliki dua desa dengan status desa mandiri, sedangkan desa tertinggal hanya tersisa empat desa, sementara desa dengan status sangat tertinggal sudah tidak ada lagi.

Pelantikan BPD kali ini hanya diikuti oleh 22 orang perwakilan BPD yang berasal dari Kecamatan Pelaihari, sedangkan anggota BPD lain mengikuti pelantikan secara virtual dengan zoom meeting di kantor desa dan kantor kecamatan masing-masing.

Menurut laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tala Drs Gatot Subagio pemilihan BPD tahun 2020 diikuti oleh 128 desa dan 11 kecamatan.

“Hanya dua yang tidak ikut yaitu Desa Gunung Makmur dan Riam Adungan, karena masa jabatan BPD nya belum habis, sehingga ada total 714 anggota BPD yang kita lantik hari ini,” ujarnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya