Debit Air Menurun, Pengungsi Mulai Pulang ke Rumah

Banjarmasin, KP – Debit air yang terus menurun, membuat banyak warga di pengungsian memilih untuk pulang ke rumah masing-masing. Meskipun belum sepenuhnya wilayah terbebas dari banjir.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Banjarmasin, Yusna Irawan mengatakan, saat ini jumlah masyarakat yang terdampak banjir dan berada di posko-posko pengungsian terus mengalami penurunan.

“Sekarang jumlah pengungsi tinggal tersisa sekitar 7.000, dari yang awalnya mencapai 13 ribuan,” ucapnya saat ditemui awak media di lobby gedung Balai Kota Banjarmasin, Jumat (29/01) petang.

Ia menerangkan, penurunan jumlah pengungsi yang terjadi hampir separuhnya, karena memang kondisi banjir sudah memperlihatkan penurunan debit air.

Kendati demikian, ia mengakui, bahwa saat ini masih ada genangan di beberapa kawasan. Misalnya di Kecamatan Banjarmasin Timur, namun debit air sudah tidak terlalu tinggi.

“Warga pun sudah bisa kembali ke rumahnya masing-masing. Termasuk juga warga dari luar Banjarmasin yang juga sempat mengungsi. Misalnya yang dari Handil Bakti,” tambahnya lagi.

Berita Lainnya
1 dari 2.435

Sejalan dengan itu, jumlah dapur umum mandiri yang didirikan secara swadaya masyarakat juga mengalami penurunan.

“Terus menurunnya titik banjir di berbagai kawasan, juga membuat dapur umum juga terus menurun jumlahnya,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun awak media melalui situs rwsminmilik Pemko Banjarmasin, yakni https://poskobencana.banjarmasinkota.go.id/, jumlah warga banjarmasin yang terdampak banjir mencapai 33.144 Kepala Keluarga (KK) atau sebanyak 106.287 jiwa.

Jumlah tersebut tidak termasuk untuk wilayah Banjarmasin Barat yang tercatat 0, atau tidak sama sekali terdampak.

Sementara jumlah pengungsi mencapai 2.240 KK atau 7.305 jiwa. Jumlah terbanyak berada di wilayah Banjarmasin Selatan yang mencapai 676 KK atau 1.902 jiwa.

Disusul wilayah Banjarmasin Timur dengan jumlah pengungsi sebanyak 553 KK atau 1.689 jiwa.

Adapun jumlah pengungsi dari luar kota berjumlah 772 jiwa, yang tersebar di wilayah Banjarmasin Tengah dan Selatan.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya