Dua Wilayah Masih Terendam, Banjarmasin Perpanjang Masa Tanggap Darurat

Banjarmasin, KP – Setelah dua kali mengalami perpanjangan, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin kembali memutuskan untuk memperpanjang status Tanggap Darurat bencana banjir dan air pasang untuk yang ketiga kalinya.

Pj Sekda Kota Banjarmasin, Mukhyar mengatakan, status Tanggap Darurat akan diberlakukan selama 7 hari kedepan, terhitung mulai tanggal 28 Januari hingga 4 Februari 2021 kedepan.

“Kita perpanjang sepekan. Karena masih ada beberapa wilayah yang masih tergenang air. Sehingga masih memerlukan penanganan terkait banjir,” ucapnya saat ditemui awak media di lobby Gedung Balai Kota Banjarmasin usai melakukan rapat koordinasi penanganan banjir, Kamis (28/01) petang.

Ia menjelaskan, keputusan tersebut diambil lantaran masih adanya sebagian wilayah yang terendam banjir. Utamanya di wilayah Banjarmasin Timur dan Selatan. Selain itu, masih ada beberapa warga yang terdampak banjir berada di lokasi pengungsian.

“Masih ada beberapa daerah yang terendam. Misalnya untuk di kawasan Pemurus Dalam dan Jalan Pramuka,” tambahnya.

Mukhyar berharap, dengan dilanjutkannya status tanggap darurat ini, seluruh penanganan terhadap warga yang terdampak banjir diselesaikan. Itu artinya, Pemko Banjarmasin tinggal melakukan penanganan pasca banjir.

Berita Lainnya
1 dari 2.376

“Kita harapkan selesai dalam sepekan. Selanjutnya nanti penanganan pasca banjir, termasuk fokus membersihkan sampah-sampah,” tandasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengaku saat ini Pemerintah Kota Banjarmasin juga masih melakukan penanganan terkait banjir di Kota Banjarmasin.

“Karena masih memerlukan waktu dalam penanganan banjir, maka Status Tanggap Darurat perlu dilanjutkan,” ujarnya, Kamis (28/01) pagi.

Pria dengan sapaan Ibnu itu menambahkan, Pemerintah Kota Banjarmasin saat ini sedang melakukan pompanisasi di wilayah yang masih tergenang air di Kota Banjarmasin.

“Mesin pompa baru dibeli, serta masih dilakukan pompanisasi pada wilayah yang masih tergenang,” imbuhnya.

Kendati demikian, Ibnu melanjutkan apabila pekerjaan penanganan banjir dianggap selesai sebelum sepekan mendatang. Maka, Status Tanggap Darurat dihentikan.

“Kami berharap penanganan banjir dapat segera selesai di Kota Banjarmasin,” pungkasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya