Kabupaten Banjar Banjir. Jihan Singgung Pembangunan Bendungan Riam Kiwa

Banjarmasin, KP – Ratusan rumah di Kabupaten Banjar kini terendam banjir, bahkan terparah dalam beberapa tahun terakhir, sebagai dampak tingginya curah hujan.
Menyikapi hal ini, anggota DPRD Kalsel, Jihan Hanifa mengusulkan untuk segera merealisasikan pembangunan bendungan Riam Kiwa.
“Ini merupakan  salah satu upaya memitigasi banjir di Kabupaten Banjar,” kata Jihan Hanifa kepada wartawan, Rabu (13/1/2021), di Banjarmasin.
Jihan Hanifa mengungkapkan, sebenarnya rencana pembangunan bendungan Riam Kiwa sudah masuk dalam rencana pemerintah Pusat.
“Namun, pemerintah daerah mestinya tidak terkesan ‘acuh’. Mestinya Pemkab andil dalam proses pembangunan,” ujar politisi Partai Gerindra.
Wakil rakyat dari Kabupaten Banjar ini paham betul fungsi didirikanya bendungan Riam Kiwa, selain dapat mengendalikan volume air saat musim hujan dan musim kemarau, bendungan tersebut dapat pula menyelamatan sumber daya air bagi masyarakat sekitar
Bendungan itu,menurut Jihan, dapat pula menjaga ekosistem kawasan Pegunungan Meratus sebagai wilayah yang aman untuk persediaan air apalagi di Meratus terdapat geopark yang harus dilestrarikan, sebab geopark Meratus sudah diakui internasional yang harus dilestarikan, tak boleh terjamah oleh pertambangan maupun perkebunan kelapa sawit. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya