Lingkungan Warga dan Ruas Jalan Terendam Makin Meluas

Banjarmasin, KP – Tingginya air pasang disusul intensitas curah hujan cukup tinggi dalam beberapa pekan terakhir kini cukup semakin juga merisaukan warga Kota Banjarmasin.

Betapa tidak, karena selain berdampak banyak jalan lingkungan serta sejumlah ruas jalan yang terendam makin meluas.

Bahkan akibat tingginya air pasang tidak sedikit rumah warga yang terendam hingga mencapai sekitar setengah meter terutama yang tinggal di tepian sungai.

Dari laporan diterima {KP} lantai rumah sejumlah warga teredam air pasang seperti di kawasan Sungai Jingah, Jalan Kelayan, Jalan Sungai Miai, Jalan Kuin, Teluk Tiram karena berada persis di tepian sungai.

Tak hanya rumah warga sebagian ruas jalan di wilayah itu turut terendam hingga ketinggian air mencapai 50 cintimeter.

Air pasang disusul eksensitas curah hujan cukup tinggi juga merendam sejumlah ruas Jalan di Banjarmasin, seperti Jalan Brigjen H Hasan Basri tepatnya depan Gedung Wanita, sebagian Jalan Jenderal Sudirman, sebagian Jalan Lambung Mangkurat dan sebagian Jalan Sultan Adam dan sejumlah ruas jalan lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.996

Air pasang juga merendam sejumlah Jalan lingkungan seperti di kawasan Sungai Andai, Jalan Bandarmasih Komplek DPR, Komplek perumahan Sultan Adam Permai dan sejumlah jalan lingkungan lainnya.

” Beruntung sungai di kota ini pasang surut, sehingga jalan lingkungan atau rumah yang terendam hanya saat air sungai pasang,” kata sejumlah warga.

Sebagaimana dikemukakan M Husin yang mengatakan, mulai naiknya air pasang sungai di Banjarmasin sekitar pukul 17.00 wita dan puncaknya sekitar 00.00 wita. Setelah itu kembali berangsur surut.

Sementara Kabid Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin Hizbul Wathony mengatakan, berdasarkan perkiraan Badan Metrologi dan Geofisika (BMJG) air pasang terus berlangsung hingga akhir Januari 2021.

Dihubungi {KP} Rabu (13/1/2021) kemarin, ia menyebut air pasang dan tingginya curah hujan sebagaimana juga dialami sejumlah daerah di Kalsel juga diakibatkan perubahan iklim dan naiknya permukaan air laut.

Sementara lanjutnya, sebagian sungai di kota ini langsung terhubung ke laut. Kondisi ini ditambah tingginya intensitas curah hujan, sehingga membuat jalan atau rumah warga yang berada di tepian sungai menjadi terendam

” Beruntung sungai di Banjarmasin pasang surut sehingga jalan atau rumah warga yang terendam tidak berlangsung lama,” ujarnya. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya