PDAM Evaluasi Pompa Distribusi Air Tak Terendam Banjir

Banjarmasin, KP – Musibah banjir yang terjadi sebagian besar wilayah Kalsel termasuk Kota Banjarmasin. tak pelak menimbulkan dampak luar biasa.

Selain banyak rumah warga terendam, aktifitas warga juga nyaris lumpuh karena banyak ruas jalan yang terendam banjir.

Banjir juga mengakibatkan pelayanan air bersih PDAM Bandarmasih juga sempat mengalami gangguan.

Mengatasipasi kedepan agar tetap bisa memberikan pelayanan, PDAM Bandarmasih akan melakukan evaluasi terhadap semua intake ataupun reservoar.

” Dari evaluasi itu ditentukan langkah selanjutnya agar mesin pompa air distribusi ke pelanggan tidak terendam saat banjir,” kata Direktur Umum PDAM Bandarmasih Farida Ariani.

Kepada sejumlah wartawan Selasa (26/1/2021) Farida Ariani sebelumnya mengakui saat banjir kemarin berdampak pada pengambilan air baku di intake Sungai Tabuk.

Berita Lainnya
1 dari 2.395

“Pompa di intake Sungai Tabuk terendam air banjir dan layanan sempat turun hingga 40 persen hingga tiga hari,” ujarnya usai menghadiri rapat Pansus membahas Raperda tentang Perubahan Badan Hukum PDAM Bandarmasih di ruang mini kantor DPRD Banjarmasin.

Ia juga menambah selain intake Sungai Tabuk intake sungai lulut juga sempat berhenti beroperasi 1 hari akibat banjir.

Menurutnya mengatasi hal itu, pihaknya membuat tanggul beton dan melakukan pompanisasi agar air banjir tak merendam reservoar.

“Pompa air tak berhenti selama 1×24 jam, air banjir kemudian bisa surut, sehingga bisa beroperasi,” ungkapnya.

Farida juga mengemukakan, kedepan pihaknya juga akan mengantisipasi agar pompa distribusi air tetap beroperasi meski dikepung banjir.

“Misal dengan menutup pintu atau membendung air, agar tak masuk ruang reservoar dengan cara meninggikan bangunan,” katanya. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya