Pembongkaran Bangunan Menutup Saluran Air Harus Didukung Semua Pihak

Banjarmasin, KP – Anggota komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Ir Sukhrowardi mendung Pemko yang sudah mendesain program kerja kedepan untuk mengatasi masalah banjir secara menyeluruh di kota ini.

Menurutnya kepada {KP} Selasa (26/1/2021), program ini haruslah didukung semua pihak agar musibah yang melanda 11 dari 13 kabupaten/ kota di Kalsel termasuk Kota Banjarmasin tidak terulang kembali.

” Seperti program jangka pendek dengan melakukan pembongkaran sejumlah kios di samping Pasar Kuripan dan halaman ruko dan sejumlah bangunan di Jalan Yani karena dinilai menutup aliran sungai yang ada di kedua wilayah itu,” ujarnya.

Menurut Sukhrowardi mengatakan, terjadinya musibah banjir di Kota Banjarmasin dan sebagian besar wilayah Kalsel lainnya bukan hanya harus dijadikan pembelajaran, tapi juga sebuah peringatan.

Berita Lainnya
1 dari 3.215

Menyadari hal itu tandas anggota dewan dari Fraksi Partai Golkar ini, agar musibah itu tidak terulang harus ada upaya dan antisipasi yang tidak hanya dilaksanakan Pemko, tapi juga dari warga, dan para pengusaha di kota ini.

Sukhrowardi yang berkesempatan hadir memantau saat Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) membongkar halaman ruko dan sejumlah bangunan lainnya di kawasan Jalan A Yani Senin malam (25/1)2021) menilai, terlepas musibah banjir akibat intensitas tinggi curah hujan disusul naiknya air sungai pasang, tapi juga diperparah akibat cukup banyak pendirian bangunan di kota ini yang tidak menghiraukan terhadap dampak lingkungan.

“Menyikapi masalah ini sekali lagi tentunya selain dibutuhkan sikap tegas tanpa pandang bulu dari Pemko Banjarmasin, tapi dukungan dan partisipasi warga guna mengantisipasi banjir dimasa mendatang tidak terulang kembali,” tandasnya.

Seperti diketahui, lanjut Sukhrowardi, bawah Kota Banjarmasin yang berada di bawah permukaan laut jika intensitas hujan tinggi , maka air akan mengalir ke wilayah yang rendah, sehingga untuk mengatasinya sangat dibutuhkan seluruh saluran pembuangan airbaik drainase dan sungai tetap lancar agar tidak sampai nengakibatkan genangan. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya