Petugas Kesehatan HSS `Jemput Bola’ Warga Sakit Terdampak Luapan Sungai

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry melakukan monitoring pelayanan kesehatan, kepada para warga terdampak genangan air akibat luapan Sungai Amandit, yang memiliki resiko kesehatan, Sabtu (16/1/2021) di wilayah Kecamatan Kandangan. 

Bupati Achmad Fikry mengawali kunjungannya ke bangsal Dinas Kesehatan Eks RSUD H Hasan Basry Kandangan, untuk membesuk empat keluarga terdampak dan memiliki resiko masalah kesehatan, yang dievakuasi dan dirawat.

Selain memberikan bantuan moril, Bupati secara pribadi juga memberikan santunan kepada para keluarga tersebut.

Selanjutnya memonitoring pemberian pelayanan kesehatan kepada warga di Komplek Muara Banta, menyusuri jalan bantaran Sungai Amandit di wilayah Jambu Hilir, serta beberapa wilayah yang sebelumnya sempat terendam seperti Padang Panjang, Amawang Kiri Muka, Pisangan dan Bariang.

Achmad Fikry juga melihat pemberian pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan, kepada seorang lanjut usia di Amawang Kiri yang terdampak banjir dan sedang sakit. Achmad Fikry juga memberikan bingkisan dan santunan, kepada lansia tersebut. 

Berita Lainnya
1 dari 574

Bupati HSS Achmad Fikry menyambut baik, atas yang dilakukan petugas kesehatan berinisiatif dalam jemput bola, dengan mendatangi secara langsung warga sakit yang tidak memungkinkan datang langsung ke Puskesmas. 

Menurutnya, yang dilakukan Dinas Kesehatan melalui petugasnya di Puskemas dengan tidak hanya menunggu merupakan konsep yang bagus diterapkan dalam situasi seperti ini.

“Jadi pihak puskesmas lah yang datang ke masyarakat, untuk memberikan pelayanan kepada warga,” terangnya.  

Achmad Fikry menuturkan, beberapa desa yang tepat berada di pinggir sungai, keadaan banjirnya cukup dalam. Achmad Fikry menyampaikan kepada kepala desa untuk segera berkoordinasi dengan kabupaten, tentang apa saja yang diperlukan. 

Selanjutnya, Bupati meninjau dapur umum yang berada di kantor Dinas Sosial Kabupaten HSS. Kemudian, meninjau posko induk penanggulangan bencana, yang berada di lapangan Lambung Mangkurat. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya