Tabalong Bersiap Hadapi Banjir Tahunan

Tanjung, KP – Untuk menghadapi musibah tahunan di musim hujan berupa banjir tahun ini, sejumlah instasi terkait melakukan cek kesiapan, guna menghadapi segala kemungkinan yang terjadi terkait banjir.

Di antaranya Polres Tabalong menggelar apel kesiapsiagaan antisipasi menghadapi Bencana Banjir di Kabupaten Tabalong bertempat di Halaman Polres Tabalong. Rabu (13/01).

Apel sendiri berisikan pengecekan sarana prasana perlengkapan Siaga Antisipasi Banjir Satuan Sabhara Polres Tabalong yang dipimpin oleh Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.I.K., CFrA yang diwakili oleh Waka Polres Tabalong Kompol Wahyu Ismoyo Jayawardana, S.I.K yang didampingi oleh Kabag Ops Polres Tabalong Kompol M. Irfan, S.H., M.H dan Kasat Sabhara Polres Tabalong AKP Sang Putu Raka.

Adapun sarpras yang dilakukan pengecekan berupa 3 Unit Perahu Modifikasi Inovasi Sat Sabhara Tabalong, 1 Unit Perahu karet, 2 Unit Perahu Canoe, 4 Unit Life Jacket, 4 Unit Helm Rafting, 2 unit Dayung Tunggal, 3 unit Dayung Ganda dan 1 unit Motor Tempel.

Setelah dilakukan pengecekan, seluruh sarpras yang dimiliki oleh Sat Sabhara Polres Tabalong dalam kesiapsiagaan antisipasi bencana banjir di Kabupaten Tabalong dalam keadaan baik dan siap pakai.

Dalam arahannya, Waka Polres Kompol Wahyu Ismoyo Wardana, S.I.K menyampaikan “Disini kita harus siap siaga dalam 1×24 jam mau nantinya ada kenaikan air sungai dimalam hari, rekan-rekan dari Sat Sabhara lah yang harus siap langsung terjun kelapangan dalam membantu evakuasi masyarakat,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 215

“Nantinya apabila ada kebutuhan bantuan personil, Kabag Ops akan meminta bantuan ke fungsi lain hingga ke Stake Holder terkait,” demikian tambah Wahyu.

Terpisah, hujan deras mengguyur wilayah Tabalong membuat Babinsa jajaran Kodim 1008/Tanjung meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana alam terutama banjir.

Komandan Koramil 1008-01/Muara Uya Kapten Inf Uung Sutandi bersama babinsa melaksanakan pengecekan debit air sungai dan pemantauan wilayah. Senin (11/01).

Hal ini sesuai dengan tugas babinsa sebagai Pembina Desa yang selalu bertindak sigap untuk  mengantisipasi kejadian-kejadian di wilayah nya.

Dari hasil pemantauan, dilaporkan luapan sungai muara uya naik ke jalan hingga menutupi jalan lintas provinsi yang akibatnya, aktivitas para pengendara menjadi terganggu.

Sementara itu, di RT.02 Desa Namun Kecamatan Jaro, 3 buah rumah warga terendam air setinggi 50 cm. “3 buah rumah terendam air, milik Bapak Adnan, Ibu Masnah dan Masrani. Karena posisi rumah berada di dataran rendah,” jelas Kapten Inf Uung Sutandi.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) Kodim 1008 Tanjung Letkol Inf Ras Lambang memerintahkan Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 1008/Tanjung untuk terus melaporkan perkembangan di wilayahnya. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Pantau situasi dan kondisi wilayah serta bantu dan imbau warga untuk mewaspadi banjir apabila curah hujan kembali tinggi,” pesan Dandim.

“Kodim 1008/Tanjung siap siaga memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait untuk membantu mengantisipasi banjir,” demikian ungkap Dandim 1008/Tanjung ini. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya