Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Utara

Bupati H Abdul Wahid Bersama Forkominda Tanam Bibit Pohon

×

Bupati H Abdul Wahid Bersama Forkominda Tanam Bibit Pohon

Sebarkan artikel ini
BUPATI HSU – H Abdul Wahid saat menanam bibit pohon. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Dinas Perumahan dan Permukiman, Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bekerjasama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penanaman bibit pohon.

Penanaman bibit pohon Ulin di Kawasan Hutan Kota Candi Agung langsung dilakukan oleh Bupati HSU Drs H Abdul Wahid MM MSi bersama dengan Forkominda HSU, Ketua TP PKK Hj Annisah Rasyidah Wahid, Jum’at (12/2/2021).

Android

Penanaman pohon tersebut merupakan gagasan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor Gerakan Revolusi Hijau Penanaman 10.000 bibit Ulin se Kalimantan Selatan. Untuk Kabupaten HSU sendiri diserahkan 200 bibit pohon ulin, 100 bibit pohon mahoni dan 100 bibit pohon buah-buahan.

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Bupati mengatakan bersyukur pada pagi hari ini bersama-sama dapat melakukan penanaman pohon secara serentak, dengan menanam 10.000 bibit pohon Ulin se Kalsel.

Menanam pohon Ulin ini bukan hanya penghijauan semata, tetapi juga melestarikan tanaman endemik asli Kalsel yang sekarang mulai hampir punah. Pohon Ulin memang sangat baik untuk penghijauan jangka panjang. Disamping menahan air dan tanah, pohon Ulin juga memiliki daya cegah untuk menahan erosi maupun tanah longsor, mengurangi pemanasan global serta menjaga iklim untuk tetap stabil.

Menanam satu pohon hakekatnya kita menanam satu kebaikan, dengan ini kita bersama-sama untuk terus melestarikan paru-paru dunia sekaligus sumbangsih nyata dari kita untuk Indonesia dan untuk dunia.

Sampai saat ini program penghijauan Revolusi Hijau telah berjalan dengan baik, berkelanjutan, dan bahkan mendapat pujian dari presiden sebagai provinsi dengan penghijauan terbaik di Indonesia.

Bupati menambahkan rasa syukur hari ini dirinya bersama seluruh jajaran Forkopimda maupun kepala SKPD bisa ikut serta menyukseskan gerakan Revolusi Hijau Penanaman 10.000 bibit ulin secara serentak di provinsi Kalimantan Selatan.

Sebagai simbol dari upaya kita melakukan Revolusi Hijau tentu hendaknya ini meningkat kesadaran kepada kita semua tak terkecuali seluruh masyarakat HSU agar mengupayakan selalu menanam pohon ditempatkan tinggal kita masing-masing.

“Kita niatkan pohon ini akan tumbuh subur dan ikut serta memberikan dukungan baik bagi upaya kita menambahan keindahan dan juga daya serap air yang ada di sekitar. Dan ini tentu sangat bermanfaat dalam upaya mengendalikan bencana banjir yang ada di daerah kita”, ungkap Wahid.

“Selain di wilayah Candi Agung pohon-pohon ini juga akan kita tanan di wilayah stadion karias, rest area tapus dan beberapa pesantren yang ada di Hulu Sungai Utara,” lanjut Bupati.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Kalsel yang telah mengupayakan program pengerukan sungai sehingga sehingga musibah banjir di HSU bisa lebih terkendali. (nov/K-6)

Iklan
Iklan