Dari Jual Sampah BSI HSS Hasilkan Rp10 Juta Per Bulan

Kandangan, KP – Hasil mengelola sampah dari masyarakat, Bank Sampah Induk (BSI) Hulu Sungai Selatan (HSS) mampu meraup pendapatan sampai 10 juta rupiah per bulan, dari penjualan sekitar 6 sampai 7 ton ke pengepul besar.

Bahkan, pandemi Covid-19 tidak menurunkan pendapatan lembaga binaan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten HSS itu.

Manajer BSI HSS Abdul Rahman mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan pengepul besar dari Kabupaten Tapin dalam pemasaran sampah yang pihaknya kelola itu.

“Rata-rata sekitar 9 sampai 10 juta rupiah per bulan hasil penjualan semua jenis sampah kertas, kardus, plastik dan lainnya,” bebernya, Senin (22/2/2021) pagi. 

Rahman menerangkan, sejak tahun 2016 sampai 2021 keuntungan yang diperoleh dari berbagai usaha di BSI HSS terus meningkat. Hal itu terangnya, di samping jual beli sampah, juga memasarkan produk pupuk kompos yang diproduksi TPS3R HSS dan produksi kerajinan daur ulang sampah.

Berita Lainnya
1 dari 420

“Keuntungan rata-rata yang didapat BSI HSS dari berbagai bidang usaha antara 4 sampai 5 juta rupiah per bulannya,” bebernya.

Ia mengungkapkan, awal pandemi Covid-19 sempat terjadi penurunan pendapatan akibat harga jual sampah turun 1000 sampai 1500 rupiah. Namun tak lebih sebulan, harga kembali membaik  hingga saat ini sudah normal.

Harga jual sampah bervariasi tergantung jenis dan bahannya, mulai dari 1000 sampai 5000 rupiah per kilogram.

Sampah yang dikelola BSI HSS selama Januari 2021 seberat 6983,9 kilogram atau 6 ton, sedangkan selama tahun 2020 lalu total 88602,5 kilogram atau 88,6 ton dengan rata-rata 7 ton per bulan.

BSI HSS mengumpulkan sampah dari masyarakat, baik dijemput langsung ke rumah maupun ada yang mengantarkan langsung. Sampah dari masyarakat dibeli dalam bentuk uang tunai, tabungan maupun untuk disumbangkan.

Lalu, sampah dipilah sesuai jenis dan bahannya untuk dijual ke pengepul besar dalam bentuk barang siap giling. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya