Pucak Perayaan HPN 2021 Syarat Protokol Kesehatan

Sebanyak 17.896 vaksin Covid-19 akan dibagikan keseluruh wartawan di Indonesia oleh Dewan Pers, termasuk jatah untuk wartawan di Kalimantan Selatan

BANJARMASIN, KP – Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar di tengah pandemi virus Corona (covid-19) digelar berbeda. Puncak peringatan HPN pada 9 Februari 2021 sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

HPN 2021 mengusung tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers Sebagai Akselerator Perubahan” diikuti oleh para peserta dari 37 provinsi di tanah air secara virtual.

Demikian juga PWI Kalsel yang diikuti seluruh pengurus dan Keluarga besar IKWI juga mengikuti prosesi pucak HPN yang diselenggarakan di Istana Jakarta dan Ancol dengan Webinar bersama PWI Cabang lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Begitu juga saat penganugrahkan Pena Emas kepada Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor sebagai penghargaan tertinggi karena mempunyai jasa luar biasa di dalam mengembangkan pers Nasional di Indonesia, menyaksikan dengan webinar dan seluruh pengurus dengan melakukan tepuk tangan dengan meneriakan hidup Pak Gubernur, Hidup Paman Birin.

Selain itu PWI Pusat juga memberikan penghargaan tertinggi Adinegoro kepada Wartawan yang memiliki karya terbaik dalam Jurnalistik termasuk salah satu diantaranya dari RRI Banjarmasin Aulia yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Gubenur Kalsel H Sahbirin Noor yang menerima penghargaan Pena Emas mengatakan, Pers di era sekarang memiliki peran fungsi yang strategis, pers memiliki peran yang begitu vital, tidak hanya sekadar menyampaikan informasi.

Menurutnya juga, bagi negara penganut sistem demokrasi seperti Indonesia, pers berperan sebagai alat kontrol bagi pemerintah.

“Pers merupakan mitra kerja dalam membangun suatu bangsa dan semoga di hari Pers ini, Pers terus berjaya,” katannya Selasa (9/2/2021).

Berita Lainnya
1 dari 2.385

Sementara Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie mengatakan, ditahun 2021 ini PWI Kalsel sangat bersyukur meskipun dalam kondisi sekarang. Dua penghargaan sekaligus diperoleh Kalsel, seperti penghargaan Pena Emas yang diteri oleh Gubernur Kalsel dan Penghargaan Adinegoro oleh Aulia yang bekerja di RRI Banjarmasin atas karya jurnalistiknnya.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan terutama untuk kalsel,” katannya usai mengikuti peringatan hari pers secara daring di Gedung PWI Provinsi kalsel.

Helmi juga menambahkan sebanyak 17.896 vaksin Covid-19 akan dibagikan keseluruh wartawan di Indonesia oleh Dewan Pers, termasuk jatah untk wartawan di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Sebelumnya antara Dewan Pers dan Menteri Kesehatan bersepakat menyediakan 17.896 vaksin, dan kita akan mengusulkan sebanyak 500 vaksin untuk Kalsel,” ungkap Zainal Helmie.

Dikatakannya pula, PWI Kalsel sangat peduli terhadap sejumlah media yang berada di Kalsel, apalagi saat ini pandemi sangat berengaruh terhadap perkembangan media. “Saya mengharapkan pemerintah terus bekerja sama terutama media cetak dalam kontrak halaman,”ucapnya.

Ditannya soal dampak banjir dan peran PWI Kalsel di kabupaten/kota di Kalsel, Helmie menyampaikan, sejak terjadinnya musibah banjir, PWI Kalsel bergerak memberikan dan menyalurkan kepada warga terdamak, termasuk bantuan dari PWI Kalteng.

“Beberapa hari kemarin kita usai menyalurkan bantuan korban yang terdampak banjir,”katanya.

Rencannya Gubenur Kalsel H Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin, juga akan memberikan secara langsung kepada wartawan yang rumahnnya terdampak banjir.“Kalau tidak ada halangan Paman Birin akan menyambangi rumah wartawan yang terdampak banjir usai pulang dari peringatan HPN di Jakarta,”pungkasnnya.

Sementara tokoh Pers kalsel Gusti Rusdi Effendie mengatakan, agar insan Pers di kalsel terus bersemangat, saling membantu dan bersatu terutama membangkitkan perekonomian tak hanya di Indonesia terlebih di Kalimantan Selatan.

“Dengan kader-kader yang terus ditingkatkan, saling suport bisa membawa Kalsel kerah yang lebih baik dan maju,” ucap Rusdie. (vin/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya