Bupati Tabalong: Realisasi Anggaran 2020 Capai 99 Persen Lebih

KEGIATAN – Vaksinasi anggota PWI Tabalong. (KP/Ist)

Tanjung, KP – Kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Tabalong pada Tahun Anggaran (TA) 2020 mampu mencapai realisasi angka 99,43 persen dari pendapatan yang dianggarkan, yakni sebesar Rp1.5 triliun lebih.

Hal itu, diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat memberikan paparan di acara pergelaran Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tabalong dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2020, sekaligus Penyerahan LKPJ Pemkab kepada DPRD Tabalong, belum lama tadi di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tabalong.

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Tabalong, H Mustafa, didampingi Wakil Ketua I DPRD H Jurni, Wakil Ketua II Habib Muhammad Taufani Alkaff, dihadiri Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, dan Wakil Bupati Tabalog Drs H Mawardi M.Si, serta Forkopimda, para Asisten Setdakab Tabalong, Kepala OPD serta beberapa tamu undangan lainnya yang hadir.

Di acara tersebut, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun anggaran 2020, merupakan amanat konstitusional Kepala Daerah kepada DPRD sebagaimana diatur dalam peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Berita Lainnya

Putra Daerah Resmi Pimpin Polres Tabalong

Angka Kesembuhan Covid-19 Tabalong Meningkat

1 dari 275

Bupati menyampaikan capaian yang telah dirasakan adalah hasil yang telah dikerjakan bersama, meski masih belum dapat memenuhi semua harapan masyarakat. Dirinya yakin dengan dukungan dan kerjasama yang harmonis, apa yang direncanakan akan terlaksana dengan baik, lancar dan tepat sasaran, hingga kesejahteraan masyarakat semakin membaik.

Dalam penyampaian LKPJ yang disampaikan oleh Bupati Tabalong, kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap pelaksanaan APBD Tahun 2020 masih sangat baik dan membanggakan. Meski di hadapkan dengan situasi Pandemi Covid-19, sehingga perlu beberapa penyesuaian kebijakan untuk penanganan penyebaran virus corona dengan sinergi yang baik.

Dalam penyampaian LKPJ-nya Anang menjelaskan, bahwa kinerja keuangan Pemkab Tabalong pada TA 2020 pendapatan yang dianggarkan sebesar 1.510.103.080.916,04 terealisasi mencapai 99,43 persen.

Selain realisasi APBD, dalam LKPJ-nya tersebut, Anang juga menyampaikan terkait kinerja pembangunan daerah pada Tahun 2020 di antaranya ialah adanya peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dibanding tahun sebelumnya yaitu 72,19 di bawah Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru di Provinsi Kalsel. Juga angka kemiskinan di Kabupaten Tabalong juga mengalami penurunan sebesar 0,29 persen pada tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya.

Selain hal itu, dalam penyampaian LKPJ, juga disebutkan bahwa sejak Pandemi Covid-19 terjadi ada beberapa bantuan untuk menjaga daya beli masyarakat dan konsumsi lokal, bantuan dana stimulus bagi pedagang kuliner Ramadhan dan melakukan temu usaha kemitraan dengan petani, pelaku usaha lainnya dan pedagang pengumpul.

Di akhir paparannya hari itu Bupati Tabalong mengingatkan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih terjadi agar selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam melakukan aktivitas, sehingga angka bisa ditekan seminimal mungkin sebarannya di Kabupaten Tabalong khususnya. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya