DLH Programkan Pembentukan BLUD

Banjarmasin, KP – Upaya penanggulangan dan penanganan sampah terus diupayakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin.

Salah satunya terobosan baru yang kini diprogramkan membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pengelolaan sampah.

” Jika ini dapat direalisasikan selain diharapkan mengurangi volume pembuangan, tapi juga akan memberikan masukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota ini,” kata Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin Marzuki.

Saat bincang dengan { KP} di Kantor DPRD Banjarmasin belum lama ini ia menjelaskan, program itu diwacanakan sebagai salah bentuk pelayanan kepada masyarakat.

BLUD ujar Zak panggilan akrap Marzuki, secara khusus akan memberikan layanan dalam pembuangan sampah yang berasal bukan dari rumah tangga.

” Seperti sampah hotel, pasar modern atau kegiatan usaha lainnya dengan cara berlangganan secara khusus,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini baik sampah rumah tangga, hotel, pasar modern dan berbagai kegiatan usaha lainnya menumpuk jadi satu di tempat pembuangan sementara (TPS), sebelum akhirnya ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Berita Lainnya
1 dari 3.234

Dikemukakan keuntungan lainnya adalah, sampah sebelum dibuang sebelumnya bisa dilakukan pemilihan untuk selanjutnya dijadikan barang produktif.

” Seperti sampah kertas kardus, plastik, bekas botol minuman dan sejumlah barang lainnya yang bisa kembali menghasilkan uang,” ujarnya.

Zak optimis jika nantinya BLUD terbentuk, banyak pihak swasta yang berlangganan untuk bekerjasama.

Lebih jauh ia mengemukakan, volume sampah di kota Banjarmasin saat ini mencapai 600 ton lebih per hari.

Padahal ungkapnya, kapasitas atau daya tampung di TPA Basirih semakin terbatas, sehingga perlu ada upaya pengurangan pembuangan ke TPA tersebut.

Seperti kembali ia mengungkapkan program yang sudah dilaksanakan dengan didirikannya Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) atau TPS 3R.

Selanjutnya, terus digalakkannya pembentukan bank sampah di lingkungan RT.

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada sekitar 200 bank sampah yang tersebar di 52 kelurahan di kota Banjarmasin. (nid)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya