Gubernur Tinjau Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelayanan Publik Kalteng

Palangka Raya, KP – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran tinjau langsung vaksinasi bagi pelayanan publik, Sabtu (20/3) pagi.

Kegiatan sendiri dibuka secara resmi oleh Wagub Habib Ismail Bin Yahya. Pelaksanaan vaksinasi Massal Covid-19 untuk pelayan publik dosis ke 1 di tahap 2 tingkat Provinsi (Prov) Kalteng, digelar di GOR Indoor, Jl. Tjilik Riwut, Km.5 Palangka Raya, Sabtu (20/03).

Gubernur Kalteng saat meninjau pelaksanaan vaksin didampingi Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul dan Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indrianty.

Di hari yang sama, v iniaksinasi massal Covid-19 ini juga serentak dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Pulang Pisau. Pelaksanaan di 2 Kabupaten tersebut terpantau secara langsung ke Provinsi melalui virtual.

Menurut Gubernur Kalteng pandemi Covid-19 telah berlangsung selama kurang lebih 1 tahun dan memberikan tantangan besar pada sektor kesehatan dan perekonomian masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dan juga di Bumi Tambun Bungai, Kalteng.

Mengatasi dampak Pandemi Covid-19, perlu dilakukan upaya khusus, tidak hanya melalui penerapan protokol kesehatan, namun juga melalui upaya pemberian vaksinasi, terang Said Ismael.

Berita Lainnya
1 dari 528

Dijelaskan Tahap I, Vaksin Covid-19 telah diterima Prov. Kalteng pada tanggal 05 Januari 2020, dengan jumlah sebanyak 14.680 dosis, yang telah didistribusikan ke Kabupaten/Kota pada tanggal 09 sampai 11 Januari 2021. Cakupan Vaksinasi Tahap I adalah sebanyak 104,2 %, sudah melewati target yang diberikan Pusat, yaitu 80 %. Kelompok Prioritas Penerima Vaksin Covid-19 Tahap I adalah seluruh Tenaga Kesehatan serta Penunjang Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Petugas Tracing Kasus Covid-19.

Tahap II, cakupan sebanyak 410.719 sasaran, meliputi Petugas Pelayanan Publik esensial sebagai garda terdepan yakni TNI, POLRI, Satpol PP, Guru dan Petugas Pelayanan Publik Transportasi serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Diungkapkan sasaran vaksin kali ini ke Pelayan Publik pada Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov. Kalteng dan Kota Palangka Raya, Organisasi Profesi yakni Jurnalis TVRI dan RRI, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, dengan jumlah sasaran sebanyak lebih dari 5.000 orang. Dan di Kabupaten Kotawaringin Barat dengan sasaran 2.000 orang, dan di Kabupaten Pulang Pisau sekitar 1.000 orang.

Wakil Gubernur Kalteng juga berharap kepada seluruh masyarakat Kalteng untuk jangan takut dan khawatir divaksinasi, sebab terjamin halal.

Ia mengingatkan, walaupun sudah mendapatkan vaksinasi, namun kita tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas sosual.

Vaksinasi massal untuk pelayanan publik ini menurut Gubernur merupakan percepatan pelaksanaan vaksin, agar layanan publik cepat berjalan normal.

“Dengan vaksinasi massal hari ini, kita harapkan sektor layanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat mendorong pelayanan berjalan dengan baik dan lancar”, ujar H. Sugianto Sabran. Dan menambahkan, bahwa vaksin bukan pengganti prokes. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya