MK Putuskan Sengketa Pilgub Kalsel. Dalam 60 Hari, Harus Ada Pemilu Ulang Pada 7 Kecamatan di Banjar, Tapin, dan Kota Banjarmasin

Jakarta, KP – Hasil putusan sengketa Pilgub Kalsel yang dilayangkan Kubu Denny Indrayana-Difriadi hari ini diketahui, Jumat (19/3/2021) sore yang digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) terhadap proses Pilgub Kalsel 2020 di 7 Kecamatan.


Dalam putusannya yang langsung dipimpin oleh Ketua MK Anwar Usman Jumat (19/3/2021) dalam pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi menyebutkan jika kecurangan dengan alat bukti tandon air jelas majelis hakim tidak terbukti. Kemudian, tagline bergerak dianggap sebagai alat kampanye dianggap tidak dapat dibuktikan.

Penyalahgunaan jabatan dengan menyematkan tagline bergerak, tidak ada bukti. Begitu pula, paket bantuan sosial Covid 19 dengan foto Paman Birin dianggap tidak beralasan secara hukum.


Sementara Money politik tandem dengan calon bupati Banjar juga dianggap tidak beralasan menurut hukum. Namun, untuk pemilih 100 persen di Binuang beralasan menurut hukum dan pembukaan kotak suara di PPK Banjarmasin Selatan dianggap beralasan menurut hukum.


Begitu pula dengan, Penggelembungan suara di Kabupaten Banjar dianggap beralasan menurut hukum.


Dengan diterimanya sebagian dalil pemohon Denny Indrayana dan Difriadi maka MK berpendapat PSU paling lama 60 hari setelah putusan ini.

Berita Lainnya
1 dari 1.230


Dibatalkannya hasil perolehan suara di Kabupaten Banjar, Tapin dan Banjarmasin.
Petugas KPPS dan PPK juga diwajibkan adalah petugas yang baru.


MK menyatakan batal Surat putusan Komisi Pemilhan Umum Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 134/PL.02.6-Kp63/ProwXI/2020 tentang Penetapan tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubermur dan Waki Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020, bertanggal 18 Desember 2020.

Begitupula, sebagian mengenai perolehan suara masing-masing pasangan calon di Kecamatan Banjarmasin Selatan (Kota Banjarmasin), Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh.


Kemudian, Kecamatan Martapura, Kecamatan Malaman, dan Kecamatan Astambul (Kabupalen Banjar) dan 24 TPS d Kecamalan binuang (Kabupaten Tapin).


Daftar PSU Kalsel :

  1. Kecamatan Banjarmasin Selatan (Banjarmasin)
  2. Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, Kecamatan Astambul (Kabupaten Banjar)
  3. 24 TPS Kecamatan Binuang (Kabupaten Tapin) :
    TPS 1 – TPS 2 – TPS 3 – TPS 6 – TPS 8 Desa Tungkap
    TPS 1- TPS 6- TPS 8- TPS 12- TPS 13- TPS 14- TPS 16- TPS 18 Desa Binuang,
    TPS 5- TPS 7- TPS 10 Desa Raya Belanti,
    TPS 1- TPS 2- TPS 3- TPS 4- TPS 5 Desa Pualam Sari,
    TPS 2 Padang Sari,
    TPS 1 – TPS 3 Desa Mekar Sari.(Tim/KPO-1)
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya