Paling Pertama, Bupati HSS Serahkan LKPD 2020 ke BPK

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) unaudited tahun anggaran 2020 ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (25/3/2021).

Penyerahan dilakukan oleh Bupati HSS Achmad Fikry, yang diterima Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel M Ali Asyhar, di ruang pertemuan, Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalsel, Kota Banjarbaru.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel M Ali Asyhar menjelaskan, Pemerintah Daerah berkewajiban melaporkan keuangan setiap tahun kepada DPRD. Sebelum disampaikan, maka wajib diperiksa dahulu oleh BPK. 

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi karena Pemkab HSS dipimpin bupatinya, yang menyampaikan laporan keuangannya paling pertama di wilayah Kalimantan Selatan,” ucap Ali Asyhar. 

Kabupaten HSS ucapnya, sudah tujuh kali berturut-turut meraih opini wajar tanpa pengecualian. Sehingga, ia berharap kualitas pengelolaan keuangannya makin meningkat. 

Berita Lainnya
1 dari 457

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, ia telah menyerahkan LKPD tahun 2020 sesuai aturan, yakni tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. LKPD tersebut, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan, yang selanjutnya tim BPK akan turun memeriksa ke lapangan.

“Kami bersyukur hari ini Pak Asyhar berkenan menerima, dan beliau banyak memberikan arahan kepada kami untuk perbaikan ke depan dalam hal pengelolaan keuangan di daerah sesuai akutansi pemerintahan,” ucap Bupati Achmad Fikry.

Bupati Fikry mengatakan, ketepatan waktu dalam menyerahkan laporan diharapkan sebagai motivasi bagi semua, bahwa semua harus bekerja sesuai dengan aturan yang ada.

Sesuai aturan perundang-undangan, BPK berkewajiban untuk melakukan pemeriksaan dan menyampaikan laporan hasil pemeriksaan paling lambat dua bulan setelah menerima laporan keuangannya.

Penyerahan LKPD itu turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Muhammad Noor, Inspektur Kabupaten HSS Rusmajaya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Nanang Fahruraji Muhammad Noor, dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Ika Aguspiannor. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya