Pemkab Tala Jalin Kerjasama dengan AMNUS

Pelaihari, KP – Pelabuhan Pelaihari di Desa Swarangan Kecamatan Jorong digadang-gadang menjadi fasilitas yang sangat menunjang kemajuan potensi maritim Tanah Laut (Tala) dan mendukung pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sejalan dengan proses penataan fasilitas Pelabuhan Pelaihari, Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai penggeraknya pun harus disiapkan dari sekarang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tala HM Sukamta dihadapan para taruna dan taruni saat menjadi narasumber dalam kuliah umum Akademi Maritim Nusantara (AMNUS) Banjarmasin, Senin (8/3/2021).

Berita Lainnya
1 dari 417

“Lulusan taruna dan taruni AMNUS Banjarmasin diharapkan mampu menunjukkan kompetensi dan berperan dalam mendukung operasional Pelabuhan Pelaihari nantinya. Semakin besar pelabuhan maka wilayah sekitarnya akan semakin ramai dan membawa dampak pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat sekitar,” ujar Sukamta.

Kalsel memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, ditambah geliat pengusaha muda yang semakin menjamur tentunya memerlukan transportasi besar untuk memasarkan produk-produknya. Dengan keberadaan Pelabuhan Pelaihari, secara bersamaan juga akan mendukung pelayanan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sebagai akses transportasi barang di Kalsel.

“Produk-produk kita mampu bersaing dengan daerah lain, tidak hanya nasional bahkan pendistribusiannya bisa sampai luar negeri. Mari kita besarkan Pelabuhan Pelaihari. Fasilitas ini bukan hanya menunjang pertumbuhan perekonomian Tala namun juga menunjang perekonomian Kalsel,” ajak Sukamta.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara AMNUS dengan Dinas Perhubungan (DISHUB) Tala. MoU tersebut sebagai bentuk kerjasama antara AMNUS dan Pemerintah Kabupaten Tala dalam mendukung Pelabuhan Pelaihari. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya