Sudah Divaksin, Keluar Daerah Tetap Jalani Swab atau Rapid Antigen

Banjarmasin, KP – Walaupun sudah menjalani program vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh pemerintah Republik Indonesia, warga tetap harus melakukan pemeriksaan Swab Test ataupun Rapid Test Antigen.

Pasalnya, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan bahwa vaksin tidak menjadi jaminan kebal terhadap paparan virus yang menginfeksi jaringan pernapasan manusia itu.

“Vaksin ini berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dari paparan Covid-19. Jadi walaupun masih terjangkit, dia (penyintas Cobid-19) tidak akan separah orang yang tidak bervaksin,” ucapnya saat ditemui awak media.

Menurutnya, tujuan utama vaksinasi tersebut adalah membangun heard immunity atau kekebalan kelompok di masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 2.643

“Kau itu sudah terbangun, maka mereka yang sudah divaksin akan melindungi anggota keluarga atau orang di sekitarnya yang tidak bervaksin,” pungkasnya.

Selain itu, alasan utama pemeriksaan Rapid Test Antigen dan Swab Test bagi warga sudah divaksin yang ingin keluar kota juga dikarenakan adanya aturan dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

“Meski sudah divaksin, kalau ingin keluar daerah maka harus ikuti ketentuan Menteri Perhubungan. Misalnya di bandara mewajibkan hasil pemeriksaan Rapid Antigen maupun Swab Test, ikuti peraturan itu,” tegasnya.

Mantan Wadir Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum itu kembali menegaskan, bahwa tidak ada jaminan orang yang bervaksin bisa kebal terhadap virus Corona.

“Bukan kebal, tapi mengurangi dampak akibat Covid-19,” tandasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya