Vaksinasi Tahap II Dicanangkan, Pengendalian Covid-19 Digalakkan

Banjarmasin – Pemerintah Kota Banjarmasin terus menggalakkan upaya pengendalian penyebaran Covid-19, salah satunya dengan menggelar pencanangan vaksinasi Covid-19 tahap ke II bagi lanjut usia (Lansia) dan petugas pelayanan publik di Lobby Balai Kota Banjamasin pada Selasa 09/03/21.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Plh. Walikota Banjarmasin Drs. Mukhyar, M.Ap dan didampingi sejumlah pimpinan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin, serta para Camat se Kota Banjarmasin.

Drs. Mukhyar M.Ap dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi penyelanggaran vaksinasi tahap ke 2 tersebut dengan sasaran para Lansia dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Semoga dengan kegiatan ini dapat mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Kemudian, menurutnya, tujuan vaksinasi Covid-19 adalah menurunkan angka kematian akibat virus itu, melindungi diri dan membuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta membentuk kekebelan kelompok bagi warga Kota Banjarmasin.

“Sekali lagi kami apresiasi ke Pak Machli mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar dan selanjutnya bisa diikuti oleh masyarakat luas lainnya,” pungkasnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.950

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Dr. Machli Riyadi S.H., M.H. menyampaikan pelaksanaan pencanangan vaksinasi bagi ASN dan Lansia tersebut didasarkan pada UU No.6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan.

“Dimana salah satu upaya Pemerintah dalam mengendalikan Covid-19 melalui vaksinasi sebagai penyempurnaan dari pelaksanaan 3T dan 3M menjadi strategi Pemerintah Indonesia dalam upaya penanganan dan pengendalian Covid-19 di Kota Banjarmasin,” bebernya.

Machli melaporkan pencapaian vaksinasi dari tahap pertama sampai 8 Maret 2019 tahap ke dua untuk tenaga Kesehatan mencapai 10.238 orang, kemudian untuk Lansia dalam satu minggu pelaksanaan mencapai 1.592 orang dan bagi pelayanan publik yang sudah divaksinasi mencapai 2.219 orang.

“Diharapkan Pemerintah Indonesia pada bulan April 2022 Indonesia bisa mengendalikan Covid-19,” kata Machli.

Ia berharap target vaksinasi tahap ke dua tersebut dapat mencapai 1.000 orang yang di vaksin di 26 Puskesmas di Kota Banjarmasin seiring dengan dilaksanakannya pencanangan di Balaikota Banjarmasin.

“Kuncinya untuk solusi Covid-19 ini adalah kedisiplinan kita terhadap protokol kesehetan serta kesadaran individu,” tegasnya. (Diskominfotik/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya