100 Persen Bidang Tanah Bersertifikat
Desa Galam Ditetapkan Tertib Administrasi Pertanahan

Pelaihari, KP – Kabupaten Tanah Laut menetapkan Desa Galam akan menjadi Desa Tertib Administrasi Pertanahan, karena 100 persen bidang tanah yang ada di Desa Galam telah bersertifikat seluruhnya, hal itu Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) Desa Galam, Kecamatan Bajuin, Jum’at (23/4/2021).

Bupati Tala Sukamta mengungkapkan bahwa hal tersebut bukti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala membina desa sesuai dengan jargon pemerintahannya bersama Wakil Bupati Tala Abdi Rahman, yaitu “Desa Dibina Kota Ditata”.

“Inilah bukti kita membina desa, buktinya kita punya Desa Tertib Administrasi Pertanahan, Desa Tertib Administrasi Kependudukan, Kampung Keluarga Berencana (KB) dan lainnya. Artinya pembinaan desa secara real kita lakukan,”ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 442

Sukamta pun mengapresiasi kinerja Kepala Desa Galam karena berhasil membantu mendorong Desa Galam menjadi Desa Tertib Administrasi Pertanahan, “Ini semua berkat perjuangan Kades Galam yang rajin membantu masyarakat mengurus sertifikatnya ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), jadi kades jangan malas pergi ke instansi Pemkab Tala, para kepala dinas pasti siap membantu kades untuk mengatasi permasalahan yang ada di desa,”terangnya.

Orang nomor satu di Tala itu juga menambahkan bahwa pada tahun 2020 ada sebanyak 28 ribu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang terbit dan di tahun 2021 nanti ada total 35 ribu PTSL yang terbit. Ia menjelaskan dari 28 ribu PTSL yang terbit pada tahun 2020 Pemkab Tala membiayai sebanyak 1.500 sertifikat yang biayanya tidak tercover pemerintah pusat.

“Dan pada tahun 2021 ini dari 31 sertifikat yang akan terbit hanya sekitar empat ribu yang biayanya dicover pemerintah pusat dan sisanya nanti Pemkab Tala yang akan membiayainya. Itu semua semata-mata untuk memudahkan masyarakat kami sehingga masyarakat tidak mengeluarkan biaya,”tegasnya.

Pada kegiatan MTP tersebut Bupati Tala HM. Sukamta menyerahkan sertifikat PTSL sebanyak 374 yang di seremonialkan kepada enam orang warga, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Galam sebanyak 102 penerima yang diserahkan secara simbolis kepada dua orang penerima dan menyerahkan hadiah kepada juara lomba kebersihan tingkat Rukun Tetangga se-Desa Galam. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya