KPU dan Bawaslu Sebut Partisipasi Pemilih PSU Pilkada Walikota Meningkat

Banjarmasin,KP Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin telah melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 di 80 TPS di tiga Kelurahan Kecamatan Banjarmasin Selatan, yaitu Kelurahan Basirih Selatan , Murung Raya dan Mantuil, Rabu kemarin (28/4).

Komisioner KPU Pusat Arif Budiman mengatakan, semua PSU berlangsung di tiga kelurahan tersebut berjalan dengan lancar.

” Sebanyak 80 TPS dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 29.824 tersebut telah dilakukan PSU pada hari Rabu ini dan berjalan lancar ” ujar Komisioner KPU Arif Budiman saat terjun langsung memantau PSU, Rabu (28/4/) kemarin.

Selain berjalan lancar, menurut Ilham, partisipasi masyarakat meningkat saat dilakukan PSU. “Misalnya awalnya pemilih 339 orang naik menjadi 345 orang. Tingkat partisipasi bertambah,” ujarnya.

Selain berjalan lancar, menurut Arif , partisipasi masyarakat di nilainya meningkat saat dilakukan PSU.

Menurutnya, hingga siang sekitar pukul 09 wita dari sejumlah TPS yang dipantaunya tingkat partisipasi pemilih menggunakan hak suaranya sudah di atas 50 persen dari jumlah DPT setiap TPS.

Arif Budiman juga menilai tidak ada hal- hal yang menghambat pelaksanaan PSU.

Berita Lainnya
1 dari 2.766

“Mudahan semuanya tetap berjalan lancar sampai selesai hingga perhitungan suara rekap akhir nanti di KPU dan selanjutnya hasilnya kemudian disampaikan ke Mahkamah Konstitusi (MK),” ujarnya.

Hal senada juga dikemukakan anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja. Ia menilai dari pantauannya hingga pukul 09.00 wita antusias warga cukup tinggi mendatangi TPS untuk menggunakan hak suaranya.

” Kami hanya mengingatkan dalam PSU ini pemilih harus benar -benar terdaftar dalam DPT sesuai TPS ia memilih dan KTP nya.” ujarnya.

Cukup tingginya pemilih menggunakan hak suaranya di PSU ini juga diakui Ketua
Dewan Kelurahan Mantuil Hamdani.

” Dari 15 TPS Mantuil yang kami pantauan kami tadi semuanya tingkat partisipasi menggunakan hak suaranya sekitar 70 persen,” ujarnya, seraya menilai peningkatan ini berkas gencarnya sosialisasi.

Sementara dari dari informasi diterima {KP} tingginya partisipasi pemilih ini juga terlihat di TPS 16 Kelurahan Murung Raya jumlah warga menggunakan hak pilihnya hingga pukul 11.00 wita sudah 250 pemilih dari sebanyak 377 DPT.

Hal sama juga terlihat di TPS 17 Kuin Kancil Kelurahan Mantuil. Hingga pukul 10.30 wita sudah sebanyak 250 warga yang menggunakan hak pilihnya dari jumlah DPT 311.

Jadwal pemilih menggunakan hak suaranya ini dimulai pukul 08. 00 hingga 13.00 wita. Sementara perhitungan suara di TPS dimulai pukul 13.30 wita hingga selesai. (nid/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya