Menjadi Narasumber MNC News
Bupati Uraikan Pertumbuhan UMKM di Masa Pandemi

Pelaihari, KP – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tanah Laut (Tala) hingga saat ini terus mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Mulai dari sumber daya, pemasaran, promosi, pendampingan hingga permodalannya. Demikian disampaikan Bupati HM Sukamta saat menjadi narasumber dalam acara Indonesia Siang, mengangkat tema Penyelamatan UMKM di Era Pandemi, yang disiarkan secara langsung dari Studio MNC News, Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Menurut Sukamta yang hadir didampingi Wakil Bupati Abdi Rahman, dukungan penuh yang diberikan pemerintah berimbas pada bertambahnya Industri Kecil Menengah (IKM) di Tala hingga menyentuh angka 200. Total keseluruhan IKM yang bertumbuh di daerah ini sekitar 500-an.

Pandemi Covid-19 yang juga dirasakan imbasnya di Tala, diungkapkan Sukamta memengaruhi pertumbuhan IKM. Pasalnya, banyak rakyat Tala yang menangkap peluang untuk dijadikan usaha. Mulai dari pembuatan masker, memproduksi jamu hingga hazmat.

Berita Lainnya
1 dari 387

“Jangan sampai mereka mati, makanya kami dukung mulai dari memberikan pelatihan, hingga mengajak seluruh masyarakat untuk mengonsumsi produk sendiri. Belanja sama rakyat saja untuk kesejahteraan Tanah Laut,” bebernya.

Sukamta juga menguraikan, dukungan pemerintah untuk pertumbuhan UMKM secara serius dilakukan di era kepemimpinannya dengan memberikan akses permodalan bunga nol persen, yang juga dikenal dengan program Gapura Karomah.

Disebutkan, selain bertujuan untuk mendukung UMKM dalam permodalan, program ini juga untuk memberikan edukasi pada masyarakat Tala terhadap dunia perbankan.

“Sehingga mereka tidak kaku lagi jika berhubungan dengan dunia perbankan dan mereka tidak lagi mengakses permodalan dari rentenir,” paparnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya