Paripurna Peringatan Harjad Kabupaten Balangan ke 18
Bupati Sampaikan Langkah yang Dijalankan

Paringin, KP – Dalam pidatonya pada Rapat Paripurna peringatan Hari Jadi Kabupaten Balangan ke 18 yang diselenggarakan oleh DPRD Balangan di ruang rapat paripurna DPRD setempat, Rabu (07/04), Bupati Balangan,H Abdul Hadi menyampaikan, tanggal 8 April merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Balangan, karena tanggal tersebut adalah tanggal diresmikannya Kabupaten Balangan sebagai daerah otonom baru.

“Alhamdulillah, dengan izin Allah hari ini Kabupaten Balangan telah memasuki usia 18 tahun. Di usia ini, berbagai capaian telah diraih oleh pemerintah daerah bersama DPRD. Berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan, kini hasilnya telah dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat,” katanya.

Dikesempatan itu juga bupati menyampaikan langkah langkah yang sudah dijalankan dan dipersiapkan selama 40 hari kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Balangan, H Supiani.

“Dalam 40 hari ini, Insya Allah telah kami efektifkan untuk mengambil langkah-langkah awal yang sangat penting untuk membangun desa, menata kota, menuju Balangan yang lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Disebutkannya, saat ini telah disusun persiapan  layanan pengobatan gratis bagi masyarakat Balangan untuk diberlakukan tahun depan.

‘’Menunggu persiapan tersebut, layanan kesehatan masyarakat tetap dijamin dengan BPJS alias tetap gratis, sesuai ketentuan yang berlaku,” ucap Hadi sapaan akrabnya Bupati Balangan.

Kemudian juga telah dipersiapkan perampingan birokrasi dalam rangka efesensi, yaitu dengan peleburan beberapa SKPD.

Berita Lainnya

Pembenihan Ikan di Balangan Terus Dilakukan

Selama Ramadan, Warung Jablay Dilarang Buka

1 dari 439

“Ini sudah kita ajukan rancangannya kepada dewan, dan kami dengar sudah rampung dibahas,” jelasnya.

Sementara katanya dalam rangka menghadapi pandemic covid-19 yang sangat berdampak kepada perekonomian disemua tingkatan. Di satu sisi kemampuan anggaran kita menurun, dan di sisi lain kita harus keluar dana yang tidak sedikit untuk menanggulangi pandemi, serta untuk melaksanakan berbagai program dan kegiatan lainnya yang sudah dirancang sebelumnya untuk melaksanakan misi mewujudkan visi.

“Maka itu saya intruksikan kepada seluruh SKPD untuk proaktif mencari dana dari luar daerah. Bisa dari APBN, APBD provinsi atau bahkan swasta.” tuturnya.

“Beberapa hari yang lalu ulun sendiri berangkat ke Jakarta, mendatangi beberapa lembaga nasional, dalam rangka mencari tambahan dana pembangunan untuk daerah kita. Alhamdulillah, respon positif kita dapat,” imbuhnya.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan, dalam kesempatan rapat tersebut menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemerintah kabupaten Balangan  telah banyak meraih prestasi mulai dari tingkat provinsi hingga nasional.

“Di usia yang ke 18 tahun ini, tentu kita patut berbangga atas berbagai prestasi yang telah berhasil diraih. Semoga ke depan Balangan terus mengalami kemajuan di berbagai bidang,” ujar Fauzan sapaan akrabnya Ketua DPRD Balangan.

Rapat Paripurna dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Balangan ke 18 ini langsung langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan SE dengan didampingi Wakil Ketua I DPRD M Ifdali. Dihadiri juga oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi dan Wabup H Supiani juga beberapa tokoh Panitia Penuntutan Kabupaten Balangan yang kini berubah nama menjadi Penerus Perjuangan Kabupaten Balangan (PPKB), Forkopimda dan jajaran pemerintahan, para anggota dengan berpakaian adat Banjar.

Paripurna yang mengangkat tema BASAMBUT “Balangan sejahtera, aman, berbudaya, unggul dan terdepan”. Ini diawali dengan pembacaan ayat Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta juga dibacakan sejarah singkat kabupaten Balangan. (rls/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya