PKKM dan Implementasinya

Oleh : M. Noor, S.Ag
Pengawas Madrasah Barito Kuala

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan. Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019.

Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Nomor 1111 Tahun 2019), merupakan regulasi terbaru terkait dengan implementasi PMA Nomor 24 Tahun 2018 tentang Kepala Madrasah. Peraturan Menteri Agama tentang Perubahan atas PMA No. 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah tersebut memang mensyaratkan adanya penilaian terhadap kinerja kepala madrasah.

Adapun Ruang lingkup dalam juknis ini meliputi lima hal utama, yaitu konsep penilaian kinerja kepala madrasah, ruang lingkup penilaian kinerja kepala kepala madrasah, perangkat penilaian kinerja kepala madrasah, prosedur pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah dan pengendalian, pengawasan, evaluasi, dan pelaporan. Tujuannya menghimpun informasi sebagai dasar untuk (PKB)Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi kamad. Menjaring informasi sebagai bahan mengambil keputusan.

Meningkatkan efektivitas dan efisesnsi kinerja kamad, menjamin objektivitas pembinaan sebagai alat ukur, menyedikan informasi sebagai dasar dalam sistem peningkatan promosi,karir dan penghargaan bagi kamad. Manfaatnya, Kamad dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan hasil nilai kinerjanya, sebagai acuan untuk meningkatkan keprofesiannya. Sebagai bahan pertimbangan Kakanwil Kemenag Kalsel bagi kamad yang bertugas di sekolah negeri atau pemerintah dalam penugasan sesuai dengan kewenangan dalam melaksanakan tugasnya sebagai kamad selanju
tnya.

Berita Lainnya
1 dari 240

Begitu juga dengan kamad yang diselenggarakan oleh yayasan/komite. Untuk direktorat guru dan tenaga pendidik (GTK) dalam memperoleh bahan atau data guna pemetaan mutu dan kualitas kinerja kamad secara nasional. Kinerja kepala madrasah sebagaimana juknis ini dinilai berdasarkan lima komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan di tambah dengan satu komponen tambahan, yang meliputi : usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan serta hasil kinerja kepala madrasah.

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahunan, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai per empat tahunan sekali. Penilaian kinerja tahunan di laksanakan secara periodik setiap awal tahun (penilaian diri bagi kamad yang pertama kali diangkat) dan akhir tahun. Penilaian ini dilakukan oleh pengawas dengan menggunakan instrument penilaian sebagaimanan empat komponen diatas. Penilaian kinerja empat tahunan merupakan penilaian kinerja akhir periode jabatan. Merupakan akumulasi penilaian kinerja tahunan ditambah degan komponen tambahan (hasil kinerja kamad). Penilaian ini dilakukan oleh tim penilai kinerja.

Bagi kamad di lingkungan Kemenag sudah seharusnya memilki dan memahami SK Ditjed Pendis Nomor 111 tahun 2019, tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Karena dalam juknis ini termuat secara lengkap termasuk komponen dan indikator penilaian hingga contoh-contoh form perangkat penilaian. Penilaian kinerja kamad ini dilakukan untuk melihat kinerja seorang kamad dalam melaksanakan tugasnya, baik dalam mengembangkan madrasah, managerial, pengembangan kewirausahaan, maupun supervisi terhadap guru dan tenaga pendidik di lembanganya. Dengan juknis penilaian kamad ini diharapkan menjadi pedoman dalam melaksanakan penilaian kinerja.

Menindaklanjuti surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 380/Kw.17.2-5/PP.00.6/02/2020 tanggal 12 Februari 2020, sehubungan dengan surat tersbut yakni mengenai Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah ( PKKM), Kementerian Agama Kabupaten Barito Kuala. Mengundang seluruh Kamad-Kamad tingkat MI, MTsN MA. Untuk menghadiri sosialisasi pelaksanaan PKKM tersebut. Selanjutnya pada tanggal 3 Juni 2020, dibentuk tim penilain PKKM 4 tahunan Negeri dan Swasta terdiri dari 1 orang Kabid/Kasi Penmad, 2 orang pengawas, 2 orang guru, 2 orang tenaga pendidik dan 2 orang unsur komite/yayasan.

Dan disampaikan ke Kanwil Prov Kalsel untuk ditindak lanjuti. Kemudian disusunlah jadwal pelaksanaan PKKM 4 Tahunan pada Bulan Nopember 2020. terdiri dari MIN 4 sekolah, MIS 6 sekolah, MTsN 1 sekolah, MtsS 3 sekolah, MAN 1 sekolah, MAS 1 sekolah. Total semua 16 sekolah. Selanjutnya Disusul Pelaksanaan PKKM tahunan dari beberapa Madrasah Ibtidaiyah, Tsnawiyah dan Aliyah negeri dan swasta lingkup Kabupaten Barito Kuala, hingga akhir tahun 2020.

Alhamdulillah Pelaksanaan PKKM sudah selesai dan berakhir dan menghasil kinerja tim penilai PKKM yang solid, valid, akuntabel serta memuaskan semua pihak baik aparat yang berkompeten juga para Kamad-Kamad yang kena nilai, baik 4 tahunan maupun tahunan/satu tahunan. Sebagai penanggung jawab pelaksanaan PKKM untuk yang 4 tahunan Kamad Negeri yakni Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan Kamad yang di madrasah swasta yang diselenggarakan yayasan/komite yakni Kakemenag Kab/kota. Dan untuk MAN Insan Cendekia Direkturat GTK yang bertanggung jawab Direkturat GTK pusat. Sedangkan Prinsip dalam pelaksanaan PKKM itu antara lain; Shahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, universal, sistematis, baracuan kriteria dan akuntabel yakni dapat dipertanggung jawabkan. Demikian semoga bermanfaat untuk nambah wawasan.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya