Proyek Percontohan Tanam Cabai Tiung, Mohon Diperluas

Tanjung, KP – Budidaya Cabai Tiung di Desa Uwie adalah keputusan yang tepat, melihat hasilnya, di mohon agar proyek percontohan yang sebagai program Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini bisa perluas.

Hal itu, diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat melakukan panen raya Cabai milik kelompok Mekar Tani, belum lama tadi di Desa Uwie Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong.

Pelaksanaan panen raya hari itu langsung dilakukan oleh Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, bersama perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalsel serta Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Hortikultura provinsi Kalsel.

Berita Lainnya
1 dari 273

Dijelaskan Bupati Tabalong dalam kesempatan itu bahwa cabai yang mereka panen tersebut diberi nama Tiung Tanjung. “Yang kita panen tadi kita beri nama Tiung Tanjung, karena cabai tiung ini sangat cocok dengan karakteristik masyarakat di Kabupaten Tabalong,” ujarnya.

“Budidaya cabai di desa Uwie adalah keputusan yang tepat. Kita sudah melihat hasilnya, dan saya mohon agar proyek percontohan ini bisa kita perluas, karena ini sejalan dengan program Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Hortikultura provinsi Kalsel,” pinta Anang seraya memberikan apresiasi terhadap program yang dilakukan oleh BI Kalsel untuk petani Tabalong khususnya di Desa Uwie tersebut.

Sementara itu, Plt Kadis Pertanian Tabalong, Saswoko menyampaikan budidaya tanaman cabai ini adalah program bantuan BI kalsel. “Mulai sarana produksinya dan teknologinya,” ujarnya.

“Tahun 2020 ada 126 hektar tanaman cabai rawit kita dengan produksi 593 ton, kemudian cabai besar 110 hektar produksinya 990 ton,” demikian pungkas Saswoko. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya