Waktu Jemput Siswa Harus Konsisten dan Tepat Waktu

Banjarmasin, KP – Jam pulang sekolah khususnya bagi siswa Sekolah Dasar (SD) menjadi catatan penting yang harus dievaluasi oleh pihak sekolah.

Pasalnya, semenjak proses Ujian Sekolah (US) di tingkat SD pada 5 April lalu, sering terjadi kerumunan siswa yang menunggu jemputan orangtuanya pada saat jam pulang sekolah.

Karena itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD, Einas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Nuryadi menekankan bahwa orang tua siswa harus konsisten dan tepat waktu dalam menjemput anaknya guna kelancaran PTM di sekolah.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan ketika jam pembelajaran selesai. Di mana para siswa kerap berkumpul di titik penjemputan, hingga sangat rentan terjadinya penularan virus.

“Harus ada kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua untuk mencegah terjadinya kerumunan,” ungkapnya saat ditemui awak media di lobby gedung Balai Kota Banjarmasin, Rabu (07/04) siang.

Bukan tanpa alasan himbauan itu diberikan lantaran US tatap muka kali ini menjadi gambaran bagi pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya akan digelar saat tahun ajaran baru mendatang.

Apalagi jika melihat instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim dalam zoom meeting, yang meminta agar PTM bisa diselenggarakan mulai tahun ajaran baru nanti.

Meskipun Nuryadi mengaku, masih tetap harus menunggu instruksi dari pimpinan Pemko Banjarmasin. Ditambah lagi rekomendasi dari Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Covid-19 untuk melangsungkan PTM di sekolah.

“Kita tetap menunggu instruksi pimpinan kedepannya. Kalau dari kesiapan sudah 100 persen dipenuhi pihak sekolah. Utamanya terkait prokes dan sarana prasarananya,” ujarnya.

Sebelumnya, ia menambahkan, sama halnya dengan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), pelaksanaan ujian dilakukan dalam dua metode. Yakni secara tatap muka di sekolah dan secara daring dari rumah.

Berita Lainnya
1 dari 3.210

Nuryadi menuturkan, pada pelaksanaan US tingkat SD, masih ada sekitar 15 persen siswa yang mengikutinya secara online, lantaran tidak mendapatkan izin dari orang tua.

Sementara 85 persen siswa lainnya mengikuti ujian secara tatap muka, dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang sangat ketat selama berada di sekolah. Mulai dari menggunakan masker hingga menjaga jarak antar siswa.

“Siswa di sekolah swasta ada, di sekolah Negeri juga ada. Di setiap sekolah ada satu dua orang siswa yang ikut secara daring,” ucapnya.

Lantas, apakah ini langkah awal pihaknya untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tengah pandemi? Terkait hal itu, Nuryadi pun membenarkannya.

Apalagi sesuai instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim dalam zoom meeting, memang sudah meminta agar PTM bisa diselenggarakan mulai tahun ajaran baru nanti.

Meskipun Nuryadi mengaku, masih tetap harus menunggu instruksi dari pimpinan Pemko Banjarmasin. Ditambah lagi rekomendasi dari Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Covid-19 untuk melangsungkan PTM di sekolah.

“Kita tetap menunggu instruksi pimpinan kedepannya. Kalau dari kesiapan sudah 100 persen dipenuhi pihak sekolah. Utamanya terkait prokes dan sarana prasarananya,” klaimnya.

Salah satu sekolah yang sudah terbilang sukses dalam pelaksanaan US tingkat SD di hari pertama dengan diikuti antusias oleh para siswa, sebagaimana yang terpantau awak media di SD Negeri Mawar 2 Banjarmasin. Di mana ujian sudah dimulai tepat pukul 08.00 Wita.

Pelaksanaan ujian diikuti oleh 65 siswa yang terbagi dalam 7 ruang kelas. Adapun durasi waktu ujian hanya 90 menit, dengan satu mata pelajaran per hari.

Untuk menegakan prokes selama siswa berada di sekolah, telah dibentuk Tim Satgas Covid-19 SDN Mawar 2. Tim itu terdiri dari 4 orang guru ditambah satpam dan penjaga sekolah.

“Alhamdulillah kesiapan prokesnya sudah kita penuhi semua. Seperti tempat cuci tangan dan lainnya. Bahkan setiap siswa pulang, seluruh kelas kita sterilkan,” tuntasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya