Wujudkan Percepatan Ekonomi, Pemkab Bangun Pasar Agribisnis

Tanjung, KP – Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tabalong Pemerintah Daerah setempat membangun Pasar Agribisnis untuk mewujudkan percepatan pengembangan ekonomi terutama di sektor pertanian, industri dan perdagangan serta infrastruktur yang berkualitas, terutama bagi pelaku agribisnis.

Hal itu, sebagaimana yang diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Agribisnis belum lama tadi di Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong.

Menurut Anang, pembangunan Pasar Agribisnis dimaksudkan menjadi wadah atau sarana dalam memasarkan dan menjual komoditas yang dihasilkan baik komoditas pertanian, perikanan maupun peternakan. “Mengingat di wilayah Utara Kabupaten Tabalong ini adalah wilayah sentra pertanian dan peternakan juga perikanan, selain itu pembangunan pasar agribisnis ini dalam rangka kita mempersiapkan diri sebagai daerah penyangga ibukota yang baru nantinya, ” sebutnya.

“Pembangunan Pasar Agribisnis merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong melalui Disperindag Kabupaten Tabalong untuk mewujudkan percepatan pengembangan ekonomi terutama sektor pertanian, industri dan perdagangan serta infrastruktur yang berkualitas, terutama bagi pelaku Agribisnis dan pelaku usaha lain yang mulai berkembang di wilayah utara meliputi lima kecamatan, yakni, Kecamatan Haruai, Bintang Ara, Upau, Muara Uya dan Kecamatan Jaro,” sebut Anang.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Tabalong Husin Ansari, mengatakan pembangunan pasar ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan percepatan pengembangan ekonomi khususnya di sektor pertanian, industri dan perdagangan. “Ini sejalan dengan tema RPJMD Kabupaten Tabalong 2019-2024, sebagaimana tertuang di Perda nomor 4 tahun 2019 dengan tema percepatan pengembangan ekonomi terutama sektor pertanian, industri dan perdagangan dengan dukungan SDM handal dan infrastruktur berkualitas sebagai pusat pertumbuhan baru di wilayah utara Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 273

“Pembangunan pasar agribisnis ini adalah bukti kesiapan kita, sebelum pemerintah pusat menetapkan Ibu Kota Negara (IKN) pemerintah Tabalong lebih awal sudah menyiapkan diri sebagai daerah penyangga ibukota,” ucap Husin.

Dibangunnya Pasar Agribisnis, lanjut Husin adalah sebagai sarana atau tempat memasarkan produk-produk pertanian. “Selama ini petani kita sangat tergantung dengan daerah lain, dengan adanya pasar agribisnis ini produk-produk hortikultura tidak lagi kita kirim ke daerah lain, nantinya dengan sendirinya daerah-daerah tetangga seperti Kaltim dan Kalteng akan langsung mengambil produk-produk pertanian di kabupaten Tabalong,” ujarnya.

 “Kedepannya pengembangan pasar agribisnis sangat terbuka sekali, diharapkan pasar ini dapat menjadi sarana pemasaran bagi pelaku pertanian sehingga memicu pertumbuhan ekonomi di kabupaten Tabalong,” terangnya terkait Pasar Agribisnis ini mempunyai luas 12.600 m² atau 1 Ha lebih itu.

Masih dalam laporannya, Husin menyebutkan pagu anggaran untuk pembangunan Pasar Agribisnis Kembang Kuning tersebut sebesar Rp5 Miliar dan Pokja ULP pada Bulan Maret 2021 lalu telah melaksanakan lelang atau tender yang kemudian Pokja menetapkan PT. Artha Kalindo Segara, dinyatakan sebagai pemenang dengan penawaran sebesar Rp4.3 Miliar lebih.

Sesuai surat perjanjian dan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), pelaksanaan pembangunan Pasar Agribisnis Kembang Kuning oleh PT. Artha Kalindo dilaksanakan selama 120 hari terhitung sejak tanggal 05 April 2021, dengan fasilitas yang dibangun berupa Los Pasar utama, 1 Los dibelakang, pos keamanan, toilet, kantor pengelola, jalan, halaman, mushola, sumur bor dan menara air.

Begitu pula secara geografis letak Kabupaten Tabalong sangat strategis terutama sebagai daerah penyangga Ibu Kota baru di Kalimantan Timur, untuk itu perlu percepatan pembangunan di wilayah utara yang berbatasan langsung dengan calon IKN tersebut. (ros/K-6)
  

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya