Berlangsung Cepat, Pemindahan Makam Rampung Tiga Hari

Martapura, KP – Ditarget selesai 5 hingga 10 hari, pemindahan makam di belakang Panti Werda, Kelurahan Sekumpul Martapura akhirnya selesai 3 hari.

Pemindahan puluhan makam ke Desa Tungkaran ini, lantaran menjadi bagian revitalisasi kawasan Sekumpul.

Dimulai pada Sabtu (22/5) yang hampir tak ada kendala berarti, 60 makam terdiri dari 59 makam dewasa dan 1 makam anak-anak ini selesai dipindahkan dalam tempo 3 hari saja.

Pembacaan doa dan tahlil, Selasa (25/5) dilaksanakan di Alkah Desa Tungkaran dan dihadiri Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah yang mewakili Bupati, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Irwan Jaya, Lurah Sekumpul Marhusin, perwakilan dari Polres Banjar, Polsek Martapura Kota, Koramil dan unsur Kecamatan Martapura.

Pembacaan doa dan tahlil dipimpin Habib Syech Bahasyim dan Tuan Guru H Abdullah Basyar.

Berita Lainnya

Sekda Ingatkan SKPD Harus Siap Hadapi Bencana

Buser 690 Banjar Berangkat Menuju Katingan

1 dari 648

Sementara Habib Syech Bahasyim memberikan keterangan terkait ada 8 jasad yang masih utuh. Menurutnya, ini merupakan petunjuk semasa hidup orang tersebut mengamalkan apa yang diperintahkan Allah SWT dengan keikhlasan, mempunyai hati bersih dan Insya Allah menjadi ahli surga.

”Demikian pula dengan keterangan ada satu mayat yang jasadnya mengeluarkan aroma wangi dan harum, ini merupakan salah satu ciri bahwa semasa hidupnya selalu mendekatkan diri dan takwa kepada Allah SWT,” katanya.

Habib Bahasyim menambahkan, untuk prosesi pemindahan makam ini sudah sesuai syariat Islam. Beliau pun mendoakan seluruh kegiatan revitalisasi Sekumpul berjalan lancar.

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah berharap, apa yang telah dilakukan Pemkab Banjar ini dapat memberikan manfaat serta mempermudah pembenahan kawasan religi Sekumpul.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Irwan Jaya menambahkan, pemindahan makam merupakan bagian penataan Sekumpul sebagai kawasan wisata religi. Pemindahannya ke Tungkaran merupakan bagian perencanaan penataan segmen 1 yang dikerjakan mulai tahun ini.

“Kedepan jika ada warga Panti Werda yang meninggal dunia, maka langsung dimakamkan di alkah Tungkaran,” jelasnya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya