Dispora siap dukung Podsi untuk Capai target di PON Papua

Dispora Kalsel sangat mendukung dan mensupport Podsi Kalsel yang menargetkan dua medali emas di PON Papua.

BANJARMASIN, KP – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Provinsi Kalimantan Selatan, menargetkan 2 emas pada PON XX Papua tahun 2021.

Berbagai persiapan dilakukan pengurus diantaranya menggelar audiensi dengan Dispora dan KONI Kalsel pada Sabtu (22/5/2021) di Banjarmasin, yang membahas terkait dengan pemusatan latihan dan jadwal keberangkatan lebih awal para atlet dayung.

“Pertandingan di tanggal 24 September, kita akan berangkat lebih awal di tanggal 19, karena perjalanan cukup melelahkan,” ujar Ketua Umum PODSI Kalsel, Achadiat Sugian didampingi Sekretaris PODSI Kalsel Donny Wiryawan dan pengurus lainnya.

Disebutkannya venue dayung akan dilaksanakan di Teluk Youtefa Jayapura Provinsi Papua. Sedangkan untuk try out para atlet akan terus mematangkan latihan.

“Target dua emas ini optimis kita raih di nomor Dragon Boat Mix 22 jarak 200 m dan Kayak 4 Putera,” tambah Pelatih tim dayung Kalsel, Syahid Nuryasin.

Ketua Podsi Kalsel, Achadiat optimis target 2 emas pada ajang bergengsi ini dinilai realistis. Berkaca pada perolehan medali di babak kualifikasi (Pra PON) atlet dayung Kalsel berada di posisi dua.

Terlebih menurutnya, pemusatan latihan bagi individu atlet yang dilakukan persentasinya sangat signifikan mencapai 97-98 persen.

Berita Lainnya
1 dari 374

Selain itu, dirinya mengharapkan di sisa waktu latihan ini para atlet dayung dapat meningkatkan daya tahan kekuatan dan kecepatan agar mampu meraih hasil maksimal di PON nanti.

“Terpenting jangan lupa istirahat dan stamina dijaga,” pesan Achadiyat yang mantan pedayung andalan Kalsel.

Kadispora Kalsel, Hermansyah, didampingi Kabid Peningkatan Prestasi Dispora, M Fitri Hernadi, dalam kesempatan tersebut menyampaikan siap mendukung tim dayung Kalsel yang mengalami peningkatan target medali menjadi dua emas.

“Kita akan melihat lagi peralatan termasuk pendanaan, pada intinya Dispora siap mensupport, sesuai kemampuan yang ada,” katanya.

Hermansyah juga meminta pelatih dan atlet dayung untuk benar-benar menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa tampil prima saat bertanding.

Wakabid Pembinaan Prestasi KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kalsel, H Muchlis Mukhtar menilai target yang dicanangkan Podsi cukup realistis, sangat wajar kalau Pemprov Kalsel melalui Dispora memberikan dukungan dan siap mensupport agar pencapaian targt bisa direalisasikan.

Muchlis juga mendukung rencana Podsi Kalsel untuk memberangkatkan atletnya lebih awal ke Papua, guna lebih mengenal lapangan sekaligus untuk menjaga stamina para atlet. Karena dikhawatirkan jika berangkat pada waktu mepet, atlet akan mengalami kelelahan karena perjalanan jauh, sehingga tidak mampu tampil maksimal pada waktu pertandingan.

Muchlis juga meminta agar pengurus Podsi dan pelatih, mencermati peralatan dayung yang akan digunakan waktu pertandingan, apalagi jika peralatan disiapkan panitia.

‘’Kita jangan sampai dicurangi, menggunakan peralatan berbeda dari daerah lain, sehingga pedayung kita kesulitan tampil maksimal,’’ pungkas Muchlis. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya